Transaksi Agen Laku Pandai Bank Mandiri, BNI, dan BTN Meningkat Pesat



KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Perbankan terus mengoptimalkan agen laku pandai untuk menjangkau potensi pasar yang selama ini belum tersentuh. Transaksi banking lewat agen laku pandai semakin meningkat pesat di tengah perkembangan digitalisasi dan mendorong pendapatan bagi bank.

PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) misalnya yang hingga Juli 2023 tercatat memiliki kurang lebih 100.000 agen yang di antaranya sebanyak kurang lebih 22.400 Mandiri Agen merupakan agen-agen yang berperan aktif dalam aktivitas program Pemerintah yaitu Bansos PKH, Bantuan Sembako & Kartu Tani.

Sampai dengan Juli 2023, frekuensi transaksi Mandiri Agen juga tercatat mencapai 47 juta transaksi dengan sales volume mencapai Rp 53 triliun. 


SEVP Micro & Consumer Finance Bank Mandiri Josephus K. Triprakoso mengungkapkan, transaksi keagenan Mandiri Agen meningkat 16% YoY sepanjang tahun 2023, yang mendorong kenaikan fee base income baik untuk bank maupun untuk Mandiri Agen, sebesar Rp 180 miliar.

Baca Juga: Hingga Semester I, Jumlah BNI Agen46 Mencapai Lebih dari 173 Ribu

"Dengan semangat sharing economy untuk memberikan manfaat secara optimal Kepada Agen, sampai dengan saat ini komposisi sharing fee transaksi lebih besar untuk Agen," ujar Josephus kepada kontan.co.id, Jumat (11/8).

Selain itu, realisasi penghimpunan dana masyarakat melalui Mandiri Agen sampai dengan Juli 2023 mencapai Rp 15,4 triliun atau tumbuh 19% YoY. Adapun penyaluran kredit BMRI yang berasal dari referral Mandiri Agen, sejak 2021 hingga Juli 2023 telah mencapai Rp 6,5 triliun dengan tujuan penggunaannya untuk pengembangan usaha.

Josephus menjelaskan, Mandiri Agen masih tetap akan memberikan prospek yang positif ke depannya. Mandiri Agen yang merupakan Agen Laku Pandai Bank Mandiri menjadi salah satu perpanjangan tangan layanan perbankan untuk menjangkau seluruh lapisan masyarakat. 

Peningkatan jumlah transaksi di Mandiri Agen ke depannya akan didorong salah satunya oleh penambahan jumlah Mandiri Agen, program pengembangan skill dan knowledge Mandiri Agen, serta program reward untuk Mandiri Agen yang telah aktif melakukan transaksi. 

Baca Juga: Bank Daerah Berbenah Diri Agar Bisa Bersaing di Kampung Sendiri

Untuk mempermudah layanan Laku Pandai oleh Mandiri Agen, Bank Mandiri telah menghadirkan inovasi digitalisasi layanan Laku Pandai dengan penggunaan Aplikasi Mandiri Agen untuk kemudahan bertransaksi dan memperluas jangkauan layanan kepada masyarakat.

"Target transaksi Mandiri Agen untuk Tahun 2023 adalah 80 juta transaksi dengan sales volume sebesar Rp 90 triliun," imbuhnya.

PT Bank Negara Indonesia (BBNI) juga mencatatkan lebih dari 177.000 BNI Agen46 yang tersebar di lebih dari 7.200 kecamatan di seluruh Indonesia, hal ini sejalan dengan pertumbuhan jumlah transaksi BNI Agen46 yang terus meningkat di setiap periodenya.

Editor: Noverius Laoli