Transaksi Digital Nasabah Institusi BNI Lewat BNIDirect Tumbuh 18,4% pada Tahun 2022



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk konsisten dalam mengembangkan bisnis perbankan melalui penguatan sektor digital. Langkah ini bertujuan memberi kemudahan transaksi kepada nasabah melalui tiga produk unggulan yaitu BNI Mobile Banking, BNIDirect, dan BNI Xpora.

Hal tersebut tercermin dari jumlah user BNI Mobile Banking di sepanjang tahun 2022 yang mencapai 13,6 juta, tumbuh 26,1% year on year (YoY), yang diikuti dengan jumlah transaksi mencapai 597 juta atau tumbuh 37,6% YoY.

Untuk nasabah institusi, BNI memiliki  platform BNIDirect untuk menunjang transaksi secara digital. Tercatat jumlah user BNIDirect tumbuh 24,9% YoY menjadi 100.000 user di sepanjang tahun 2022, dengan jumlah transaksi yang juga meningkat 18,4% YoY atau mencapai 764 juta transaksi.


Sementara melalui BNI Xpora, total kredit ekspor telah menembus Rp26,72 triliun, naik dari 2021 yang tercatat Rp19,05 triliun. Volume trade ekspor tercatat Rp66,21 triliun, naik dari 2021 yang tercatat Rp24,36 triliun.

Baca Juga: Perkuat organisasi, Bos OJK Lantik 16 Pimpinan Satuan Kerja Baru

Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo menyampaikan, pencapaian tersebut tak terlepas dari komitmen BNI dalam bertransformasi ke sistem digital sehingga bisa memberikan layanan yang lebih efisien kepada nasabah.

“Kami terus memperkuat struktur manajemen perseroan untuk bertransformasi ke arah digitalisasi yang mumpuni agar bisa memberi solusi finansial bagi nasabah,” ujarnya, Rabu (1/2). 

Okki mengungkapkan, sejalan dengan agenda transformasi BNI melakukan pengembangan tiga product champion telah mendorong penguatan bisnis transaksi ritel dan institusi sekaligus memperkuat solusi perbankan kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Go Global.

Di sisi ritel, BNI Mobile Banking memiliki beragam fasilitas yang memudahkan transaksi nasabah seperti transfer, e-wallet, pembayaran, pembelian, investasi, digital loan, mobile tunai, dan masih banyak lagi. Nasabah BNI mulai mengubah pola transaksinya dari platform konvensional ke platform digital. Hal ini sejalan dengan strategi BNI untuk menjadikan BNI Mobile Banking sebagai one stop financial solutions bagi nasabah.

BNI juga memiliki BNIDirect untuk menunjang transaksi bisnis nasabah dan debitur insititusi secara digital untuk memenuhi semua kebutuhan klien dalam satu portal terintegrasi. 

Selain itu, BNI Xpora ditujukan untuk pelaku UMKM yang ingin meningkatkan kapasitas bisnis. BNI Xpora menawarkan beragam layanan digital yang bisa digunakan oleh pelaku UMKM dari berbagai tingkatan, mulai dari yang masih merintis hingga yang siap memperluas pasar khususnya ekspor.

Baca Juga: Transaksi Livin’ dan Kopra Rp 21.000 Triliun, Sepertiga Perputaran Uang di Indonesia

Melalui BNI Xpora ini, UMKM bisa mendapatkan pemberdayaan untuk peningkatan kapasitas dan kualitas produksi edukasi penyusunan laporan keuangan. Yang tidak kalah penting yakni dukungan perluasan pemasaran produk melalui business match-making dengan buyer di pasar global.

Okki menambahkan, ke depan perseroan akan melanjutkan fokus dalam pengembangan digitalisasi untuk mempermudah transaksi nasabah baik perorangan maupun institusi.

“Arah ke depan kita lebih fokus untuk penguatan digital, dalam hal ini layanan yang lebih baik kepada nasabah,” ucap Okki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi