KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah bank telah menerapkan open banking melalui fitur Application Programming Interface (API) meskipun standarisasinya saat ini masih digodok Bank Indonesia (BI). Transaksi lewat API ini rupanya semakin mengalami peningkatan. API memungkinkan bank dan fintech untuk membuka data dan informasi keuangan yang terkait dengan transaksi pembayaran dari nasabahnya secara resiprokal (prinsip kesetaraan). Artinya, ada tiga pihak yang akan terlibat implementasi API ini yakni nasabah sebagai pemilik data, bank, dan juga fintech. CIMB Niaga salah satu yang sudah menerapkan penggunaan API baik untuk kebutuhan sistem internal bank maupun untuk kebutuhan eksternal dari mitra-mitra perseroan. Bank ini sudah meluncurkan portal API khusus bagi mitra.
Transaksi lewat application programming interface (API) mengalami peningkatan
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah bank telah menerapkan open banking melalui fitur Application Programming Interface (API) meskipun standarisasinya saat ini masih digodok Bank Indonesia (BI). Transaksi lewat API ini rupanya semakin mengalami peningkatan. API memungkinkan bank dan fintech untuk membuka data dan informasi keuangan yang terkait dengan transaksi pembayaran dari nasabahnya secara resiprokal (prinsip kesetaraan). Artinya, ada tiga pihak yang akan terlibat implementasi API ini yakni nasabah sebagai pemilik data, bank, dan juga fintech. CIMB Niaga salah satu yang sudah menerapkan penggunaan API baik untuk kebutuhan sistem internal bank maupun untuk kebutuhan eksternal dari mitra-mitra perseroan. Bank ini sudah meluncurkan portal API khusus bagi mitra.