KONTAN.CO.ID-JAKARTA. Transaksi mobile banking dan super app sejumlah perbankan melonjak hingga akhir tahun 2024. Beberapa di antaranya bahkan mengalami pertumbuhan tinggi dua digit. Seperti PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN), yang mencatatkan tren volume transaksi yang melonjak naik hingga 100% secara tahunan (year on year/yoy) pada tahun 2024. Thomas Wahyudi, SEVP Digital Business BTN menyampaikan, pertumbuhan yang sangat positif ini seiring dengan menarik jumlah transaksi yang lebih dari 145% yoy. “Peningkatan ini didorong oleh semakin tingginya penggunaan layanan digital BTN oleh nasabah, seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan transaksi yang cepat, aman, dan nyaman. Selain itu, peluncuran bale oleh BTN pada Desember 2024 turut berkontribusi dalam mendorong pertumbuhan transaksi,” ungkap Thomas kepada Kontan, Selasa (4/2). Baca Juga: Inovasi Program Bale by BTN Dongkrak Transaksi Mobile Banking BTN Thomas menyebut, dengan berbagai fitur unggulan, bale by BTN memberikan pengalaman transaksi yang lebih lancar dan efisien, mulai dari pembayaran, transfer, hingga pengelolaan keuangan yang lebih dipahami dan user-friendly. Hasilnya, secara keseluruhan kinerja transaksi mobile banking BTN pada tahun 2024 mencerminkan perubahan perilaku nasabah yang semakin mengandalkan layanan digital dalam aktivitas perbankan sehari-hari. Thomas menyebut pihaknya akan terus mengembangkan inovasi di layanan digital untuk mendukung ekosistem transaksi yang lebih luas dan mudah diakses oleh seluruh nasabah. Adapun jenis transaksi yang mendominasi di mobile banking BTN meliputi transfer (baik melalui BIFAST maupun off us), transaksi QRIS, top-up e-wallet, dan pembelian listrik. Keempat jenis transaksi ini menjadi pilihan utama nasabah dalam berinteraksi dengan layanan perbankan digital BTN, mencerminkan kemudahan dan kecepatan yang ditawarkan.
Transaksi Mobile Banking/Super App BTN dan BCA Melonjak Sepanjang 2024
KONTAN.CO.ID-JAKARTA. Transaksi mobile banking dan super app sejumlah perbankan melonjak hingga akhir tahun 2024. Beberapa di antaranya bahkan mengalami pertumbuhan tinggi dua digit. Seperti PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN), yang mencatatkan tren volume transaksi yang melonjak naik hingga 100% secara tahunan (year on year/yoy) pada tahun 2024. Thomas Wahyudi, SEVP Digital Business BTN menyampaikan, pertumbuhan yang sangat positif ini seiring dengan menarik jumlah transaksi yang lebih dari 145% yoy. “Peningkatan ini didorong oleh semakin tingginya penggunaan layanan digital BTN oleh nasabah, seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan transaksi yang cepat, aman, dan nyaman. Selain itu, peluncuran bale oleh BTN pada Desember 2024 turut berkontribusi dalam mendorong pertumbuhan transaksi,” ungkap Thomas kepada Kontan, Selasa (4/2). Baca Juga: Inovasi Program Bale by BTN Dongkrak Transaksi Mobile Banking BTN Thomas menyebut, dengan berbagai fitur unggulan, bale by BTN memberikan pengalaman transaksi yang lebih lancar dan efisien, mulai dari pembayaran, transfer, hingga pengelolaan keuangan yang lebih dipahami dan user-friendly. Hasilnya, secara keseluruhan kinerja transaksi mobile banking BTN pada tahun 2024 mencerminkan perubahan perilaku nasabah yang semakin mengandalkan layanan digital dalam aktivitas perbankan sehari-hari. Thomas menyebut pihaknya akan terus mengembangkan inovasi di layanan digital untuk mendukung ekosistem transaksi yang lebih luas dan mudah diakses oleh seluruh nasabah. Adapun jenis transaksi yang mendominasi di mobile banking BTN meliputi transfer (baik melalui BIFAST maupun off us), transaksi QRIS, top-up e-wallet, dan pembelian listrik. Keempat jenis transaksi ini menjadi pilihan utama nasabah dalam berinteraksi dengan layanan perbankan digital BTN, mencerminkan kemudahan dan kecepatan yang ditawarkan.