Transaksi multilateral BBJ cetak rekor



JAKARTA. Volume transaksi multilateral Jakarta Futures Exchange (JFX) atau Bursa Berjangka Jakarta (BBJ) Mei 2012 mencatat rekor tertinggi. Transaksi multilateral naik 3,8% dari bulan sebelumnya menjadi sebesar 17.648 lot.

Kenaikan transaksi multilateral Mei ini dipicu kenaikan transaksi kontrak emas yang melonjak 22% menjadi 11.306 lot. Naik dibandingkan bulan April yang hanya 9.264 lot. Kontrak emas di BBJ ini terdiri dari tujuh jenis. Diantaranya, kontrak emas 1 kg (GOL), kontrak emas 250 gram (GOL 250), kontrak gulir emas (rupiah dan USD), kontrak indeks emas (KIE), kontrak gulir USD (GU1H10) dan kontrak gulir mini emas USD (GU1TF).

Kenaikan terbesar terjadi pada kontrak gulir USD dan kontrak gulir mini emas yang masing-masing melonjak 420 kali dan 80 kali dari bulan sebelumnya.


Sementara kontrak kakao dan olein mengalami penurunan transaksi pada Mei. Yaitu masing-masing turun 23,3% menjadi 3.668 lot dan 9,6% menjadi 2.674 lot.

BBJ memang tengah berusaha meningkatkan volume transaksi multilateral. Salah satu caranya, dengan menciptakan kontrak baru. BBJ akan mengeluarkan varian baru kontrak berjangka emas dalam waktu dekat. "Kami ingin menyisir pasar atau nasabah ritel yang memiliki potensi cukup besar dalam bertransaksi multilateral yang selama ini belum digarap," ujar Bihar Sakti Wibowo, Direktur BBJ dalam keterangan pers hari ini (6/6).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Avanty Nurdiana