Transaksi pembayaran kebutuhan jadi fitur paling diminati pengguna DANA



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Transaksi teknologi digital di masyarakat luas khususnya saat pandemi Covid-19 ini meningat. Hal tersebut juga dialami PT Espay Debit Indonesia Koe sebagai operator uang elektronik DANA yang mengalami melihat tren transaksi pengguna.

Buktinya, selama masa pandemi, penggunaan dompet digital DANA untuk mendukung transaksi online tercatat lebih dominan dibandingkan dengan penggunaan untuk transaksi offline. Dari total transaksi yang dilakukan dengan menggunakan dompet digital DANA, 98% di antaranya merupakan transaksi online. Adapun 2% lainnya merupakan transaksi offline dengan menggunakan QR Code.

Dari keseluruhan tren peningkatan bertransaksi nontunai dengan menggunakan dompet digital DANA, transaksi pembayaran kebutuhan rumah tangga dan transfer uang menjadi dua aktivitas dengan peningkatan signifikan.


Ini tampak dari signifikansi peningkatan pemanfaatan fitur Bill Payment dan Kirim Uang yang masing-masing meningkat lebih dari 40% dibandingkan dengan masa sebelum pandemi.

Baca Juga: Fitur kirim uang dan bayar tagihan menjadi fitur favorit DANA selama pandemi

“Peningkatan pemanfaatan kedua fitur tersebut menunjukkan makin menguatnya kepercayaan masyarakat terhadap jaminan keamanan bertransaksi dengan dompet digital DANA. Tren tersebut juga menjadi konfirmasi makin menguatnya pengakuan masyarakat terhadap keandalan teknologi digital dalam mengakselerasi berbagai kebutuhan transaksinya secara efisien,” ujar Vince Iswara, CEO dan Co-Founder DANA dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Minggu (13/9).

Saat ini, dengan fitur Bill Payment pengguna DANA dapat melakukan pembayaran berbagai kebutuhan, seperti membayar tagihan internet, TV Kabel, listrik, gas, PAM, hingga BPJS. 

Pengguna dapat memilih sumber dana yang beragam untuk melakukan pembayaran, bisa dari saldo DANA, ataupun dari dana yang ada di kartu kredit dan kartu debit yang telah tersimpan dan terotorisasi di DANA melalui teknologi Binding Card.

Begitu pula dengan aktivitas pengiriman uang melalui fitur Kirim Uang, pengguna DANA dapat dengan mudah dan aman melakukan transfer ke sesama pengguna DANA melalui akun virtual, ke rekening bank, serta dapat digunakan untuk mengirimkan uang lewat aplikasi pesan WhatsApp serta LINE.  

Pengguna dapat memanfaatkan dana yang tersedia di Saldo DANA, atau dari kartu debit yang tersimpan dan terotorisasi di dalam dompet digital DANA berkat teknologi Binding Card. Keunggulan lain dari pengiriman uang dengan DANA adalah proses onboarding realtime-nya yang mudah untuk konsumen berkat dukungan teknologi Face Recognition yang terhubung dengan database pemerintah.

Baca Juga: Dorong transaksi non tunai, Visa teken kerjasama dengan ALTO

“Teknologi pengiriman uang di DANA juga memungkinkan penggunanya mendapatkan pengalaman seru berkat tersedianya fitur Split Bill dan DANA Kaget. Split Bill akan memudahkan para penggunanya yang ingin patungan membayar, sementara DANA Kaget bisa dimanfaatkan untuk berbagi rezeki atau uang dengan nominal yang diacak atau telah ditentukan secara seru dan berkesan. Kedua fitur untuk Kirim Uang ini sangat unik karena menghadirkan nilai-nilai sosial yang sangat relevan di era digital,” pungkas Vince. 

Selanjutnya: Adaptasi digital masyarakat Indonesia dinilai cepat selama pandemi Covid-19

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari