KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk terus mengoptimalkan transaksi pembayaran di mesin
electronic data capture (EDC). Adapun Direktur IT dan Digital Bank BTN Andi Nirwoto menyatakan transaksi melalui mesin EDC pada awal tahun ini tetap menunjukkan pergerakan yang positif. "Dari segi jumlah transaksi di mesin EDC BTN terdapat pertumbuhan yang sangat menjanjikan seiring jumlah mesin EDC lebih dari 24.274 unit. Hal ini dapat terlihat melalui data jumlah transaksi secara YoY dimana pada periode Januari 2021 meningkat signifikan sekitar 2.179,14%," papar Andi kepada Kontan.co.id pada Senin (7/3). Ia menyebut terdapat kategori yang paling digemari nasabah. Rinciannya, untuk kategori
merchant regular,
Consumer retail sebanyak 39,71%, F&B sebesar 22,15%, dan
health Industri menyumbang 19,24%. Sedangkan untuk kategori
Merchant Anchor terdiri dari
Home & Appliance sebesar 69,75% dan
Consumer Retail sebanyak 29,81%.
Baca Juga: Bank BTN Catat Jumlah Nasabah Loyal Meningkat Pesat Ia menyebut PPKM berdampak terhadap jumlah transaksi mengingat nasabah yang datang untuk bertransaksi secara langsung. Guna mengantisipasi hal tersebut, BTN membuat program promosi secara intensif dan berkala. Salah satunya yaitu bekerjasama dengan
merchant dalam membuat promo-promo yang menarik di berbagai kesempatan
event tertentu. Program promosi berupa promosi transaksi dan promosi insentif
merchant. Semakin banyak nasabah bertransaksi menggunakan EDC BTN pada
merchant tersebut, akan semakin banyak juga
reward dan
benefit yang mereka dapatkan. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan animo masyarakat untuk terus menggunakan EDC BTN dalam bertransaksi.
“Kami menyadari bahwa tahun ini potensi pertumbuhan EDC masih akan terus berkembang. Tahun ini, kami akan fokus terhadap
merchant-
merchant yang memperkuat ekosistem
mortage dan
merchant-
merchant anchor yang sifatnya
Consumer Retail mulai dari
retail chain, optik, SPBU, restoran,” pungkasnya. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Handoyo .