Transaksi pertama 2015, gerak bursa Jepang liar



TOKYO. Bursa Jepang bergerak di dua zona pada hari pertama transaksi perdagangan di 2015 (5/1). Berdasarkan data Bloomberg, pada pukul 13.34 waktu Tokyo, indeks Topix berada di level 1.405 atau turun 0,2%. Pada transaksi sebelumnya, indeks acuan Jepang ini bergerak liar dengan naik 1,4% dan turun 0,2%.

Sementara itu, indeks Nikkei 225 Stock Average naik 0,1% menjadi 17.473,11 setelah sebelumnya anjlok 1,3%.

Pergerakan sejumlah saham turut mempengaruhi bursa Jepang. Beberapa di antaranya Skymark Airlines Inc yang naik 17% setelah mengumumkan pihaknya akan menggelar rapat umum luar biasa pada bulan depan; Fujifilm Holdings Corp naik 2,3% setelah harian Sankei melaporkan perusahaan tengah membangun teknologi untuk memproduksi tisu badan secara masal; Mitsubishi UFJ Financial Group Inc turun 1,5% yang menjadi saham lagger terbesar pada indeks Topix; dan Inpex Corp tergerus 2,2% seiring penurunan harga minyak dunia.


"Bank of Japan belum membeli ETF sejak 16 Desember. Sehingga, jika mereka memulai tahun ini dengan membeli ETF, maka pasar akan kembali naik pada penutupan," jelas Tomoichiro Kubota, senior market analyst Matsui Securities Co di Tokyo.

Sekadar tambahan informasi, sebagai bagian dari langkah stimulus quantitative easing, BOJ pada Oktober lalu berkomitmen untuk membeli sekitar 3 triliun yen atau US$ 24,9 miliar ETF per tahun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie