KONTAN.CO.ID – JAKARTA.
Transaksi QRIS pada industri perbankan syariah terus tumbuh. PT Bank Mega Syariah juga mencatat lonjakan signifikan pada transaksi QRIS hingga Oktober 2025. Digital Business & Product Management Division Head Bank Mega Syariah, Benadicto Alvonzo Ferary, menyampaikan bahwa realisasi transaksi QRIS melalui aplikasi M-Syariah tumbuh lebih dari 112% secara tahunan (
year-on-year/YoY) dari sisi jumlah transaksi. Sementara volume transaksinya meningkat lebih dari 111% YoY. Benadicto bilang pertumbuhan tersebut menunjukkan bahwa layanan pembayaran nontunai Bank Mega Syariah masih mendapat respons positif dari nasabah.
Baca Juga: Transaksi QRIS Perbankan Melaju, Begini Proyeksinya Tahun Depan “Tren pertumbuhan transaksi masih sangat kuat dan belum menunjukkan perlambatan,” ujar Alvonzo kepada Kontan, Kamis (11/12/2025). Menurutnya, ada sejumlah katalis yang menjadi pendorong utama kenaikan transaksi QRIS. Dari sisi promo, Bank Mega Syariah menjalin kerja sama dengan beragam merchant dalam ekosistem CT Corp sebagai sesama grup, serta merek besar lain seperti CGV, XXI, Bluebird, dan Blibli. Berbagai kerja sama tersebut memberikan
cash reward bagi nasabah yang bertransaksi menggunakan QRIS M-Syariah. Pun, Bank Mega Syariah saat ini tengah menjalankan program Balapan QRIS sejak 1 Oktober hingga 31 Desember 2025. Program ini mendorong nasabah meningkatkan frekuensi transaksi dan menawarkan hadiah utama satu unit motor Yamaha. “Program ini terbukti menarik minat nasabah dan mendorong perubahan perilaku dari transaksi tunai ke transaksi nontunai,” jelas Alvonzo.
Baca Juga: CIMB Niaga Perluas Fitur Pinjaman Digital, Limit OCTO Loan Bisa untuk Bayar QRIS Peningkatan transaksi QRIS turut disokong oleh ketentuan pada program akuisisi nasabah baru, yang mana pengguna harus melakukan transaksi QRIS untuk memperoleh reward. Selain itu, penyempurnaan rutin pada UI/UX fitur QRIS di aplikasi M-Syariah membuat proses pembayaran semakin mudah dan nyaman.
Fitur Baru
Melihat tren tersebut, Bank Mega Syariah optimistis pertumbuhan transaksi QRIS dapat terus berlanjut pada tahun depan. Pada 2026, bank berencana meluncurkan fitur baru seperti QRIS CPM (
Customer Presented Mode) dan QRIS Tap berbasis NFC. Kedua layanan tersebut memungkinkan transaksi di minimarket hingga pembayaran transportasi umum. “Pengembangan fitur-fitur ini bertujuan memberikan pengalaman bertransaksi yang lebih praktis bagi nasabah,” ujar Alvonzo. Selain itu, Bank Mega Syariah akan memperkuat ekosistem digital melalui kerja sama strategis dengan berbagai mitra, serta meningkatkan keamanan transaksi dengan teknologi terbaru.
Dengan rangkaian inisiatif tersebut, Bank Mega Syariah yakin dapat mempertahankan momentum pertumbuhan transaksi digital ke depan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News