Transaksi valas menunggu rapat dewan gubernur BI



JAKARTA. Para pelaku pasar bersikap menunggu Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia yang akan dilaksanakan pada Kamis besok. Menurut para analis dari BNI unit Treasury, pada perdagangan hari ini (11/7) kurs rupiah potensi bergerak dengan kecenderungan konsolidasi.

Sikap pelaku pasar yang masih menunggu RDG berpotensi membatasi aktivitas perdagangan. Sementara itu, peralihan risiko para investor global diprediksi ikut menghampiri pasar finansial domestik dan menahan masuknya dana asing ke dalam negeri.

Stabilitas rupiah dinilai terjaga oleh bank sentral hingga belum akan bersegera mengamankan rupiah sepanjang terus bergerak di kisaran Rp 9.400-an hingga akhir pekan. Terlebih saat ini level kurs rupiah di pasar luar negeri tidak berfluktuasi tajam.


Hari Selasa (10/7) kurs rupiah ditutup melemah tipis di level Rp 9.430 per dollar AS dibandingkan dengan pembukaan pada level Rp 9.420 per dollar AS, setelah bergerak di kisaran Rp 9.415 - 9.445 per dollar AS.

Tidak adanya penawaran sukuk yang memenuhi target pemerintah memberi sentimen negatif atas rupiah. Tetapi rebound IHSG meski diwarnai aksi jual investor asing mampu mengurangi tekanan atas rupiah. (Anastasia Joice/Kompas.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri