Traveloka bidik ekspansi di Asia Tenggara



JAKARTA. Perkembangan bisnis travel agent terus meningkat. Sebab, bisnis ini didukung berbagai elemen pendukung, misalnya pariwisata, hospitality, hingga transportasi. Ini yang mendorong Traveloka.com gencar mengembangkan pasar.

Dannis Muhammad, Chief Marketing Officer Traveloka.com menyatakan, pihaknya tidak hanya membidik pasar domestik, tapi juga pasar internasional. "Untuk semester I 2016, kami catatkan pertumbuhan yang positif," ujar Dannis, Kamis (25/8). Namun, ia tidak merinci nilai pertumbuhan tersebut.

Ia hanya bilang, Traveloka dalam waktu dekat akan melebarkan cakupan bisnis ke pasar internasional. Negara yang dibidik yaitu Brunei Darussalam, Laos, dan Myanmar.


Meski demikian, Dannis menyebut, perusahaan masih tetap fokus pada pasar yang sudah dimasuki. "Kalau pasar luar negeri, saat ini kami masih ingin fokus di Thailand, Vietnam, Filipina, dan Malaysia," imbuhnya.

Lanjut Dannis, ekspansi di pasar internasional akan dilakukan sepanjang Traveloka mencapai pertumbuhan positif. Untuk mendapatkan pertumbuhan yang positif, Traveloka mulai mengatur strategi. Diantaranya dengan menambah jumlah pesawat, kamar hotel, dan kuantitas penunjang lainnya.

Traveloka melihat, pasar Indonesia merupakan yang paling besar apabila dibandingkan dengan negara-negara lain. Katanya, setiap konsumen berbeda negara memiliki karakter yang berbeda. "Thailand dan Malaysia lebih mudah, karena mereka sudah terbiasa. Penetrasi kartu kredit juga lumayan tinggi, sehingga bisa memudahkan," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini