KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Memasuki momentum Ramadan dan libur Lebaran 2023, Traveloka, berbagi informasi mengenai tren antusiasme masyarakat melakukan perjalanan, selama periode libur Lebaran di tahun 2023. Momen libur Lebaran selalu identik dengan kebersamaan dan berkumpul bersama keluarga. Namun, Traveloka melihat adanya perubahan tren yang terlihat dari sebagian besar pengguna Traveloka yang menyatakan bahwa momentum libur Lebaran tidak hanya digunakan untuk mudik, namun juga untuk berlibur. Data internal Traveloka menunjukkan sebanyak 34% pengguna menyatakan memiliki preferensi baru terkait rencana perjalanan bersama keluarga tercinta, terutama dalam menyambut libur Lebaran 2023.
Baca Juga: Tawaran Pay Later Kian Marak, Jangan Sampai Anda Terjebak Sebanyak 48% pengguna menyatakan bahwa mereka akan memanfaatkan momen Lebaran 2023 untuk merencanakan liburan, baik domestik maupun internasional. Shirley Lesmana, Chief of Marketing Officer Traveloka memaparkan, dicabutnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada 31 Desember 2022 membuat tren perjalanan baik domestik maupun internasional meningkat signifikan, khususnya pada masa libur Lebaran 2023. “Pada perayaan Ramadan 2023,Traveloka kembali menegaskan komitmennya untuk menghadirkan layanan komprehensif yang mengutamakan kenyamanan dan kemudahan konsumen dalam merencanakan perjalanan mudik maupun liburan bersama keluarga," kata Shirley melalui keterangan tertulis yang diterima, Kamis (30/3/2023). Disebutkan, riset internal Traveloka, jumlah konsumen yang merencanakan untuk berlibur pada periode libur lebaran 2023 meningkat, dilihat dari melonjaknya pencarian penerbangan domestik yang mencapai hampir 2 kali lipat dibandingkan dengan tahun lalu. Sementara berdasarkan Survei Badan Kebijakan Transportasi (BKT), Kementerian Perhubungan memperkirakan pergerakan masyarakat mencapai 123,8 juta orang pada masa mudik lebaran 2023.
Baca Juga: Jelang Lebaran, Harga Tiket Pesawat Melonjak Jumlah ini meningkat 14,2% dibandingkan pergerakan masyarakat di masa lebaran 2022 yang mencapai 85,5 juta orang.
Traveloka juga mencatat berbagai destinasi domestik yang paling diminati pengguna untuk merayakan libur Lebaran seperti Bali, Surabaya, Medan, Padang, Yogyakarta. Sementara itu, pengguna Traveloka menyebutkan Singapura, Malaysia, Thailand, Korea Selatan, Jepang juga diminati untuk destinasi internasional. Traveloka juga melihat bahwa moda transportasi favorit pengguna untuk menjalani libur Lebaran tak hanya pesawat, melainkan moda transportasi darat lainnya seperti kereta api, bus & shuttle, serta mobil pribadi. Pertumbuhan tren melakukan perjalanan pada periode libur Lebaran, Traveloka melalui rangkaian kampanye #RAYAkanYourWay siap menghadirkan layanan end-to-end serta promosi menarik baik untuk pemesanan tiket transportasi pesawat terbang, kereta api, bus, maupun akomodasi serta atraksi hiburan, dilengkapi dengan fitur PayLater. Seluruh layanan ini akan semakin memudahkan konsumen dalam merencanakan perjalanan yang personalized dan fleksibel. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Noverius Laoli