TRIO dan SingPost berkongsi menggarap e-commerce



JAKARTA. Semakin menjamurnya bisnis e-commerce di Indonesia, memicu jalinan kerjasama antara PT Trikomsel Oke Tbk (TRIO) dan Singapore Post (SingPost) semakin mengerucut. Kemarin, kedua perusahaan tersebut resmi mengumumkan pembentukan perusahaan patungan bernama PT Trio SPecommerce Indonesia.

Pembentukan perusahaan ini merupakan implementasi kesepakatan pada Maret lalu (Harian KONTAN,  11 Maret 2015). Di perusahaan patungan tersebut, TRIO memiliki 67% saham dan SingPost 33%. "Modal awal perusahaan ini sekitar US$ 2 juta," ujar Andreas Thamrin, Direktur PT Trio SPecommerce Indonesia, kemarin (18/6).

Sayang, ia belum bersedia menyebutkan target pendapatan dan laba perusahaan patungan itu. "Kami akan terus berinvestasi di perusahaan ini," kata Andreas. PT Trio SPecommerce Indonesia akan menyediakan  layanan teknologi e-commerce, solusi pergudangan, pengiriman, layanan operasional toko dan layanan pelanggan. Intinya, Trio SPecommerce  akan menyediakan platform e-commerce menyeluruh untuk para klien, sampai ke pengiriman.


Saat ini ada beberapa perusahaan yang memanfaatkan jasa Trio SPecommerce. Sebut saja Xiaomi, Huawei dan Oke.com. Khusus Xiaomi, Trio SPecommerce kini melayani pemesanan hingga 5.000 unit per hari.

Ada lagi satu apparel kenamaan dunia yang akan memakai jasa Trio SPecommerce. "Trikomsel dapat memanfaatkan keahlian kami dalam bidang logistik e-commerce serta inisiatif bisnis kami," terang  Wolfgang Baier, Group Chief Executive Officer SingPost.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Uji Agung Santosa