TRIS Targetkan Lonjakan Laba Bersih Tahun ini 120%



KONTAN.CO.ID - PT Trisula International Tbk (“TRIS”), emiten integrated apparel provider yang bergerak di bidang tekstil dan garmen berhasil menorehkan capaian peningkatan kinerja pada semester I-2022. TRIS memperoleh kenaikan laba bersih yang tinggi pada enam bulan pertama tahun ini, dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Berdasarkan laporan keuangan Perseroan, laba bersih TRIS pada semester I-2022 sebesar Rp30,2 miliar. Capaian ini naik signifikan sebesar 446% dari semester I-2021.

Perolehan laba bersih yang melonjak ini didukung oleh penjualan TRIS yang terus naik. Pada periode Januari-Juni 2022, penjualan bersih TRIS meningkat 29% YoY menjadi Rp661,3 miliar.

Pertumbuhan kinerja di enam bulan pertama tahun ini juga diikuti dengan peningkatan aset perseroan. Total aset TRIS pada 30 Juni 2022 tercatat Rp1,14 triliun, naik sebesar 7,5% dibandingkan dengan posisi 31 Desember 2021. Sedangkan total liabilitas TRIS pada 30 Juni 2022 tercatat sebesar Rp461,8 miliar.

“Kami bersyukur Perseroan berhasil mencatatkan pertumbuhan kinerja pada tahun ini. Pencapaian ini didukung oleh pemulihan market global pasca pandemi covid-19. Penjualan ekspor mengalami peningkatan signifikan tahun ini terutama akibat dari permintaan pasar ekspor yang meningkat sejak awal tahun serta didukung oleh logistik dan supply chain yang sudah normal kembali. Pada pasar domestik, kontribusi peningkatan kinerja didukung oleh daya beli masyarakat yang membaik serta aktivitas pusat perbelanjaan yang sudah kembali normal.” kata Direktur Utama TRIS, Widjaya Djohan.

Peningkatan penjualan TRIS sebagian besar didukung oleh ekspor yang berkontribusi 68% dari total penjualan. Pada semester I 2022, TRIS membukukan penjualan ekspor sebesar Rp449,8 miliar sedangkan penjualan domestik sebesar Rp211,6 miliar. TRIS mencatatkan peningkatan penjualan ekspor sebesar 48,7% yoy, sedangkan penjualan domesitik naik sebesar 1,2% yoy. Pasar utama ekspor TRIS adalah Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, Singapura, dan Jepang.

TRIS memiliki pasar ekspor yang kuat dengan pengalaman lebih dari 30 tahun di pasar internasional, termasuk dalam pengadaan garmen untuk merek ritel internasional dan pengadaan seragam di institusi penerbangan (airlines), perhotelan, rumah sakit dan pelayanan publik (seperti pemadam kebakaran).

Untuk meningkatkan penjualan domestik, Perseroan terus menggenjot pemasaran digital. Penjualan dilakukan melalui berbagai marketplace termasuk Yukshopping.com, ecommerce yang memasarkan produk-produk Trisula Group seperti pakaian, kain, dan domestik.

“Melihat peluang yang semakin terbuka setelah aktivitas pasar kembali normal, kami optimistis dapat terus meningkatkan kinerja, dengan target pertumbuhan penjualan sebesar 30% dan peningkatan laba bersih 120% sampai akhir tahun 2022. Ke depan kami akan terus mencari peluang dengan menambah jaringan baik di pasar ekspor maupun pasar domestik dengan diiringi peningkatan produktivitas, desain dan kualitas produk agar dapat terus meningkatkan kepercayaan pelanggan,” tutup Widjaya.

Tentang PT Trisula International Tbk

PT Trisula International Tbk (“Perseroan”) didirikan pada tahun 2004 sebagai perusahaan yang khusus bergerak di sektor 2ndustry garmen dan perdagangan ritel. Perseroan mencatatkan saham perdana (IPO) di Bursa Efek Indonesia dengan kode saham TRIS pada 28 Juni 2012. Di tahun yang sama, Perseroan mengakuisisi PT Trisco Tailored Apparel Manufacturing. Pada tahun 2014, Perseroan mengakuisisi MIDO Uniforms Pte Ltd., perusahaan yang bergerak dalam bidang pengadaan seragam dan berdomisili di Singapura. Pada tahun 2017, Perseroan mendirikan Trisco Tailored and Woven International Ltd. Yang berdomisili di Amerika Serikat. Kemudian, pada Desember 2019 Perseroan melaksanakan rights issue dan akuisisi PT Trisula Textile Industries Tbk (“BELL”).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti