TRIS Tebar Dividen Interim Meski Industri Garmen Penuh Tantangan



KONTAN.CO.ID - Trisula Grup yang dikendalikan oleh PT Trisula International Tbk (TRIS), perusahaan publik yang beroperasi di sektor tekstil dan garmen kembali membagikan dividen interim tunai tahun ini. Berdasarkan keputusan Direksi Perseroan tertanggal 27 September 2024 dan atas persetujuan Dewan Komisaris di tanggal yang sama, TRIS akan membagikan sekitar Rp2,25 per saham, atau total Rp7,00 Milyar. Dividen tersebut akan dibayarkan pada pemegang saham pada akhir Oktober ini.

TRIS memang sudah konsisten membagikan dividen tahunan sejak tahun 2012, sementara dividen interim tahun ini adalah kedua kalinya sejak pembagian serupa di tahun 2023 lalu. Bulan Mei tahun 2023 TRIS membagikan dividen tahunan, disusul pembagian dividen interim pada bulan Desember 2023.

“Industri garmen dan tekstil saat ini memang masih banyak tantangan. Namun berkat ekosistem terintegrasi yang sudah kami bangun antar anak-anak perusahaan di bawah naungan TRIS, kami dapat tetap mempertahankan kinerja,” jelas Direktur Utama TRIS, Widjaya Djohan.


Pembagian dividen ini memang berkat keberhasilan TRIS pertahankan kinerja sepanjang kuartal sebelumnya. Penjualan TRIS hingga Semester 1-2024 naik cukup stabil, mencapai Rp696,62 miliar atau tumbuh 2,32% YoY. Kontributor terbesar pada pertumbuhan tersebut adalah penjualan ekspor. Selain itu pada Semester I-2024, laba bersih tahun berjalan TRIS mencapai Rp43 miliar, relatif stabil dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya dengan Rp43,5 miliar.

Sepanjang Semester I-2024 berbagai lini bisnis TRIS mulai dari manufaktur, distribusi, dan ritel mengalami kenaikan dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Sementara segmen seragam mengalami sedikit penurunan akibat fluktuasi permintaan.

TRIS berhasil menciptakan ekosistem terintegrasi antar anak usahanya untuk mendorong pertumbuhan, dimana masingmasing anak usahanya memiliki peran dan keahlian masing-masing untuk memproduksi garmen maupun tekstil. Antara lain ada PT Trisula Textile Industries Tbk (BELL) yang unggul dalam memproduksi tekstil berkualitas tinggi dengan fungsi tertentu, serta berfungsi untuk mengendalikan pasar lokal TRIS melalui ritel dengan merek JOBB dan Jack Nicklaus.

PT Trisco Tailored Apparel Manufacturing, mengkhususkan diri pada pakaian khusus, jas, dan seragam. PT Trimas Sarana Garment Industry menghasilkan produk pakaian olahraga sementara anak usaha lainnya yang turut berperan mendorong pertumbuhan TRIS melalui produk berkualitas yang dihasilkan.

Tentang PT Trisula International Tbk

PT Trisula International Tbk (TRIS:IDX) didirikan pada tahun 2004, adalah salah satu penyedia pakaian jadi terintegrasi dan terkemuka mulai dari produsen kain dan garmen, hingga distribusi dan peritel. TRIS melakukan Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode saham TRIS pada tanggal 28 Juni 2012.

TRIS memiliki 3 unit usaha yang bergerak di bidang produsen garmen yaitu PT Trisco Tailored Apparel Manufacturing yang diakuisisi pada tahun 2012, PT Trimas Sarana Garment Industry pada tahun 2011, dan PT Trimas Bellindo Aparel Manufaktur yang baru mulai beroperasi pada bulan Mei 2024 ini. Sedangkan untuk segmen produsen kain, dipegang oleh anak usaha TRIS yaitu PT Trisula Textile Industries Tbk (BELL:IDX).

TRIS memiliki jaringan distribusi yang luas, termasuk memiliki distributor internalnya sendiri, seperti melalui PT Mido Uniforms di Singapura, Trisco Tailored & Woven International Ltd di Amerika Serikat, dan untuk segmen Retail sendiri dipegang oleh anak usaha TRIS melalui BELL yaitu PT Mido Indonesia, memegang merek milik sendiri yaitu JOBB dan merek internasional yaitu Jack Nicklaus, serta jaringan penjualan melalui 6 anak usahanya yang bergerak sebagai agen penjualan aktif.

TRIS dikenal dengan no-mass production dan sistem customized order-nya, fokus kepada pasar garmen, di mana mayoritas penjualannya menyasar pasar ekspor yang menunjukkan kualitas garmen yang diproduksi mampu bersaing dengan kualitas dunia. Ke depannya, TRIS sebagai perusahaan holding akan lebih memperkaya bisnis portofolionya untuk meningkatkan pendapatan dan meminimalisir resiko terhadap satu segmen.

Baca Juga: Trisula International (TRIS) Bakal Bagikan Dividen Interim Rp 7 Miliar, Ini Jadwalnya

Selanjutnya: Return Positif, Begini Siasat Moduit Mengejar Dana Kelolaan Reksadana

Menarik Dibaca: 8 Fitur Kamera iPhone yang Unik dan Tidak Ditemukan di Android

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti