KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Belakangan ini truk-truk impor asal China cukup meramaikan pasar Indonesia, terutama di sektor pertambangan mineral. Walau demikian, para agen pemegang merek (APM) truk Tanah Air mengklaim masih dapat bersaing kompetitif untuk segmen pertambangan. Tren impor truk asal China tampak meningkat setidaknya dua tahun terakhir. Merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS), impor dengan kode Harmonized System (HS) 87042369 tercatat sebanyak US$ 61,47 juta pada 2021, setelah itu meningkat 39,89% year on year (YoY) menjadi US$ 85,99 juta pada 2022 dan kembali tumbuh 31,73% YoY menjadi US$ 113,26 juta pada 2023. HS 87042369 berisi pengelompokan impor kendaraan bermotor selain pendingin, pengumpul sampah, tanker, lapis baja, hooklift, dumper, hanya dengan mesin diesel atau semi diesel, berukuran lebih dari 24 ton dan lebih rendah atau sama dengan 45 ton, dan bukan berstatus completely knock down (CKD). Sebagian besar HS ini adalah truk diesel.
Truk Impor China Banjiri Tambang di Indonesia, APM Truk Nasional Tidak Terganggu
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Belakangan ini truk-truk impor asal China cukup meramaikan pasar Indonesia, terutama di sektor pertambangan mineral. Walau demikian, para agen pemegang merek (APM) truk Tanah Air mengklaim masih dapat bersaing kompetitif untuk segmen pertambangan. Tren impor truk asal China tampak meningkat setidaknya dua tahun terakhir. Merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS), impor dengan kode Harmonized System (HS) 87042369 tercatat sebanyak US$ 61,47 juta pada 2021, setelah itu meningkat 39,89% year on year (YoY) menjadi US$ 85,99 juta pada 2022 dan kembali tumbuh 31,73% YoY menjadi US$ 113,26 juta pada 2023. HS 87042369 berisi pengelompokan impor kendaraan bermotor selain pendingin, pengumpul sampah, tanker, lapis baja, hooklift, dumper, hanya dengan mesin diesel atau semi diesel, berukuran lebih dari 24 ton dan lebih rendah atau sama dengan 45 ton, dan bukan berstatus completely knock down (CKD). Sebagian besar HS ini adalah truk diesel.