Trump Kembali ke Lokasi Penembakan Pennsylvania, Elon Musk Jadi Bintang Tamu



KONTAN.CO.ID - BUTLER, Pennsylvania (Reuters) - Calon presiden Republik Donald Trump kembali ke lokasi penembakan yang hampir merenggut nyawanya di Pennsylvania pada Sabtu (5 Oktober).

Ia menghelat pertemuan besar di hadapan kerumunan besar, sebulan menjelang pemilu pada tanggal 5 November.

Trump, yang ditembak pada tanggal 13 Juli, memulai pidatonya seolah melanjutkan pidato yang terganggu saat ia terluka di telinga oleh peluru.


Dalam pidatonya, ia menyertakan Elon Musk, CEO Tesla dan pemilik platform media sosial X, sebagai tamu spesial.

Ini adalah penampilan Musk perdana di acara kampanye Trump sejak mendukung mantan presiden tersebut setelah insiden penembakan pada 13 Juli.

Baca Juga: 5 Rahasia Sukses Elon Musk Jadi Orang Terkaya di Dunia

"Ujian sejati seseorang adalah bagaimana mereka berperilaku di bawah tekanan," kata Musk, menyebut pemilu sebagai "situasi yang harus dimenangkan" untuk Trump. Dia mendesak kerumunan untuk mendaftar menjadi pemilih.

"Jadilah gangguan bagi semua orang yang Anda kenal," kata Musk.

Trump juga menghormati Corey Comperatore, seorang petugas pemadam kebakaran yang ditembak dan tewas oleh penembak, dan dua orang lainnya yang terluka.

Pada pukul 18.11, tepat waktu saat penembakan terjadi pada 13 Juli, Trump meminta momen diam. Lonceng kemudian berbunyi empat kali, sekali untuk masing-masing dari empat korban, termasuk Trump.

Dalam pidatonya, Trump secara samar-samar mengisyaratkan tanpa bukti adanya "musuh dari dalam" yang lebih berbahaya daripada musuh asing.

Mengenai penembak, ia mengatakan "seorang pembunuh dingin bertujuan untuk membungkam saya" tetapi "tidak menghentikan gerakan kami."

Baca Juga: Mengapa Elon Musk Dukung Donald Trump Jadi Presiden AS? Ada Kepentingan Tesla

Kerumunan tampak mencapai puluhan ribu, banyak yang mengenakan seragam Trump. Beberapa meneriakkan slogan "fight, fight, fight" yang digunakan Trump untuk menggerakkan pengikutnya beberapa saat setelah ia ditembak.

"Kami di sini untuk mengatakan, kami tidak bisa diintimidasi, kami tidak bisa dihentikan," kata Senator Republik Ohio JD Vance, pasangan calon wakil presiden Trump, kepada kerumunan.

Vance menolak argumen dari Wakil Presiden Kamala Harris dan Demokrat lainnya bahwa Trump adalah ancaman bagi demokrasi.

"Donald Trump menerima peluru untuk demokrasi. Apa yang telah Anda lakukan?" kata Vance.

Orang-orang bertepuk tangan ketika pesawat Trump melakukan penerbangan di atas pertemuan sebelum mendarat sambil musik tema film "Top Gun" diputar oleh pengeras suara.

Trailer berbaris di sekitar lokasi sebagai tindakan pencegahan untuk menghalangi pemandangan sekitarnya, termasuk gedung tempat penembak membuka api.

Menambah suasana seperti karnaval, tiga penerjun payung dengan bendera Amerika menggantung di belakang mereka meluncur turun dan mendarat di dekat gedung.

Baca Juga: Elon Musk Wawancara Live Donald Trump di X, Ini yang Dibahas

13 Juli adalah pertama dari dua upaya pembunuhan terhadap Trump. Pada 15 September, seorang penembak disembunyikan tanpa diketahui selama hampir 12 jam di lapangan golf Trump di West Palm Beach, Florida, dengan rencana untuk membunuhnya, kata jaksa penuntut, tetapi digagalkan oleh agen Layanan Rahasia Amerika Serikat yang patroli lapangan itu sebelum Trump tiba.

Para pejabat Republik berharap kunjungan Trump kembali ke Butler akan meningkatkan suara untuknya di antara pendukung setia di Pennsylvania, sebuah negara yang dilihatnya dan lawan Demokratnya, Kamala Harris, sebagai negara penting untuk memenangkan pemilu pada 5 November.

"Saya kembali ke Butler karena saya merasa punya kewajiban untuk kembali ke Butler," kata Trump kepada jaringan berita kabel NewsNation awal pekan ini. "Kami belum menyelesaikan apa yang seharusnya kami lakukan."

Para pembicara pembuka di pertemuan tersebut berfokus pada mengenang Comperatore, yang keluarganya hadir.

"Kami tidak akan membiarkan hari tragis itu menutupi cahaya komunitas kami," kata JD Longo, walikota kota Slippery Rock.

Baca Juga: Trump Tertarik Memasukkan Elon Musk ke Kabinetnya Jika Menang Pemilu Presiden AS

Penembakan di Butler memicu kritik luas terhadap Layanan Rahasia Amerika Serikat dan pengunduran diri direktur mereka.

Para kritikus menyoroti bagaimana tersangka 20 tahun, Thomas Matthew Crooks, dapat mengakses atap terdekat dengan garis pandang langsung ke tempat Trump berbicara. Crooks kemudian ditembak mati oleh agen Layanan Rahasia.

Investigasi Layanan Rahasia menemukan kesenjangan komunikasi dan kurangnya ketelitian menjelang penembakan. Setelahnya, lembaga tersebut menyetujui langkah pengamanan tambahan untuk Trump, termasuk menggunakan kaca antipeluru untuk melindunginya pada pertemuan luar ruangan.

Baca Juga: Keuntungan Politik yang Diraih Donald Trump Saat Interview Elon Musk

Juru bicara Layanan Rahasia Anthony Guglielmi mengatakan dalam sebuah pernyataan sebelum pertemuan Sabtu bahwa telah ada "perubahan dan peningkatan komprehensif terhadap kemampuan komunikasi kami, sumber daya, dan operasi perlindungan."

Trump memuji dirinya karena memalingkan kepala untuk membaca grafik pada layar besar sebagai tindakan yang menyelamatkan hidupnya. Dengan darah mengalir di wajahnya, ia mengangkat tangannya dan berteriak "fight" kepada pendukungnya, sebuah gambar yang hidup dari hari itu. Ia mengenakan perban putih pada telinga yang terluka selama beberapa hari berikutnya.

"Aku suka grafik itu," kata Trump ketika grafik itu muncul di layar pada hari Sabtu. "Bukankah itu indah?"

Selanjutnya: Harga Emas Antam Hari Ini Tetap di Level Rp 1.482.000 Per Gram Pada Minggu (6/10)

Menarik Dibaca: Cara Mengecilkan Celana Jeans di Rumah Tanpa Mesin Jahit

Editor: Hasbi Maulana