TSMC Mengerek Proyeksi Kinerja Setelah Rilis Kinerja Kuartal III



KONTAN.CO.ID - TAIPEI.Taiwan Semiconductor Manufacturing Co (TSMC) menaikkan target pertumbuhan pendapatannya pada tahun 2024 setelah hasil kuartalan melampaui estimasi. Sebelumnya timbul kekhawatiran akan permintaan cip global dan keberlanjutan ledakan perangkat keras AI.

Pembuat cip untuk Nvidia Corp. dan Apple Inc kini mengharapkan penjualan naik 30% tahun ini, naik tajam dari proyeksi kenaikan 20%. Itu setelah TSMC melaporkan laba lebih baik dari yang diprediksi untuk kuartal September. Perusahaan ini juga memperkirakan belanja modal akan di kisaran US$ 30 miliar pada tahun 2024, sesuai dengan ekspektasi sebelumnya.

Target TSMC yang meningkat membantu meredakan kekhawatiran investor yang salah menilai permintaan AI. Sahamnya telah melonjak lebih dari 70% tahun ini, melampaui banyak perusahaan teknologi terbesar di Asia sebagai cerminan dari penjualan chip Nvidia Corp yang sangat penting untuk pengembangan kecerdasan buatan.


Baca Juga: TSMC Catat Lonjakan Laba Kuartal Ketiga 54% Berkat Permintaan Chip AI yang Meningkat

Perusahaan terbesar Taiwan telah menaikkan prospek pendapatannya untuk tahun 2024 pada Juli, menggarisbawahi ekspektasi untuk belanja infrastruktur AI dari perusahaan seperti Microsoft Corp dan Amazon.com Inc. Penerapan kecerdasan buatan yang stabil juga akan membantu mendorong penjualan iPhone dan gadget lainnya dalam jangka panjang.

Investor telah mengamati penyimpangan setelah pemasok utama ASML Holding NV melaporkan hanya menghasilkan setengah dari pesanan yang diperkirakan analis. Pembuat perangkat pembuat chip itu menyalahkan pemulihan yang lebih lambat dari pasar otomotif, ponsel, dan PC, yang berdampak pada rencana ekspansi untuk pabrik cip. Namun AI tetap menjadi titik terang.

Pada Kamis, TSMC melaporkan kenaikan laba kuartal September yang lebih baik dari yang diproyeksikan sebesar 54%.

TSMC populer di kalangan investor ritel AS yang ingin bertaruh pada tema AI.

Selanjutnya: Perusahaan Kayu Itci Kartika Milik Hashim Djojohadikusumo Diganjar Penghargaan KLHK

Menarik Dibaca: Apa Saja Jenis Makanan Tinggi Purin? Penderita Asam Urat Hindari Makanan Ini, ya!

Editor: Avanty Nurdiana