KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebuah usaha kerap kali lahir dari ketidaksengajaan. Hal inilah yang terjadi pada diri Meira Puspa Zahra, pemilik produk fesyen olahraga khusus hijab dengan label Nay Sportwear. Meira bercerita, awal mula merintis Nay Sportwear pada 2016 silam, berawal dari tugas akhir kuliah. Saat itu, tugas akhir dari kampusnya mengharuskan Meira menciptakan sebuah produk yang langsung bisa dipasarkan kepada khalayak. Pilihan pun jatuh pada usaha membuat produk fesyen olahraga bagi para wanita muslim. Sebab, tren hijab semakin berkembang di Indonesia, dan produk yang mengkhususkan diri untuk fesyen olahraga bagi kaum muslimah terbilang belum banyak di Tanah Air.
Tak disangka, usaha yang awalnya untuk tugas akhir kuliah tersebut, ternyata justru membuahkan hasil manis. Kala itu, hasil produksi fesyen muslim
sportwear buatan Meira langsung diserbu para pembeli. Produk pakaian olahraga bagi kaum muslimah perdana yang ia bikin adalah baju renang hijab. Saat itu, menurutnya, produk pakaian renang hijab masih belum banyak yang memasarkan. Padahal, permintaan untuk baju renang khusus muslimah terbilang potensial. "Di Indonesia sendiri, kan,
mostly, banyak yang berhijab. Jadi, banyak yang membutuhkan produk tersebut, dan tidak disangka, ternyata banyak peminatnya," ungkap Meira kepada KONTAN belum lama ini.
Baca Juga: Brand Saskara Luncurkan Mukena dan Sajadah Nuansa Jawa Timur Melihat hasil yang positif tersebut, Meira pun langsung semangat untuk terus memproduksi baju olahraga bagi muslimah. Apalagi, di awal usahanya, saban bulan, dia sudah sanggup membuat hingga 200 potong pakaian renang khusus hijab. Melihat pencapaian itu, Meira mulai membuat beragam produk baju olahraga muslimah lainnya sejak 2019. Jadi, tidak sebatas baju renang hijab saja. Mulai baju senam hijab hingga produk olahraga lainnya bagi muslimah. termasuk jaket olahraga. Untuk memasarkan produk-produk tersebut, Meira sangat mengandalkan pemasaran digital yang juga kerap kali para pengusaha kelas usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lakukan. Ia memanfaatkan hampir semua
marketplace yang ada saat ini untuk memasarkan produk Nay Sportwear, supaya bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Hasilnya, tentu, positif. Tak hanya di pasar domestik saja, produk Nay Sportwear pun kini sudah menjangkau pasar di luar Indonesia. Khususnya adalah di kawasan Asia Tenggara, seperti Malaysia serta Singapura. Meira mengungkapkan, di dua negara tersebut, banyak konsumennya yang melakukan pembelian lebih dari satu kali. "Malaysia dan Singapura sering
repeat order, kami sudah ada pelanggan tetap di sana," beber Meira.
Alhasil, kini, Nay Sportwear bisa meraup omzet sampai ratusan juta setiap bulan. Dan, saban bulan pula, Nay Sportwear sanggup memproduksi hingga ribuan potong aneka produk
sportwear khusus para muslimah.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Markus Sumartomjon