Tugu Insurance Hadirkan Akses Air Bersih bagi Warga Desa Kalitekuk, Gunungkidul



KONTAN.CO.ID - Akses terhadap air bersih yang layak merupakan hak dasar setiap manusia. Namun, masih banyak wilayah di Indonesia yang menghadapi tantangan besar dalam memenuhi kebutuhan ini, terutama saat musim kemarau panjang yang sering kali menyebabkan krisis air bersih.

Salah satu daerah yang berdampak kekeringan ekstrem ialah Dusun Kalangan, Desa Kalitekuk, Kecamatan Semin, Kabupaten Gunungkidul. Sejalan dengan kondisi demikian, PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance) melalui program CSR – Bakti Tugu bekerja sama dengan Musholla Nururrazaq Jakarta, mengambil langkah nyata dengan berkomitmen untuk membangun infrastruktur air bersih di lokasi tersebut.

Langkah ini pun sejalan dengan tercapainya SDGs, tujuan ke-6, yaitu memastikan ketersediaan dan pengelolaan air bersih yang berkelanjutan untuk seluruh masyarakat. Pembangunan fasilitas air bersih ini berhasil menjangkau lebih dari 70 rumah yang berada di Desa Kalitekuk tersebut.


Dalam peresmian fasilitas air bersih ini, Edi Yoga Prasetyo selaku Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko Tugu Insurance menyampaikan bahwa ketersediaan air bersih yang memadai merupakan pondasi utama bagi kesehatan, kesejahteraan, dan perkembangan suatu desa. Program berkelanjutan ini diharapkan juga dapat sekaligus memperkuat ketahanan desa dalam menghadapi musim kemarau.

“Kami memahami betapa pentingnya akses air bersih yang layak bagi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu dengan kerjsa sama ini masyarakat dapat menciptakan lingkungan yang sehat dan layak huni, di mana setiap warga desa memiliki akses terhadap air bersih. Serta kedepannya melalui program CSR – Bakti Tugu, ini Tugu Isurance dapat memberikan solusi jangka panjang bagi masyarakat,” ujar Edi Yoga Prasetyo.

Pembangunan fasilitas air bersih melibatkan pemasangan pompa air tanah, pembangunan tandon penampungan, dan pemasangan pipa distribusi air guna memastikan ketersediaan air bersih sepanjang tahun. Fasilitas air bersih yang dibangun nantinya akan dikelola oleh kelompok swadaya masyarakat, yaitu Sistem Penyediaan Air Minum Dusun (SPAMDUS) “Banyu Panguripan”.

Keterlibatan warga dalam mengelola fasilitas air yang dibangun menjadikan masyarakat tidak sekadar mendapatkan akses air bersih untuk kebutuhan sehari-hari, tetapi juga mendorong masyarakat agar dapat mandiri sehingga mampu menjaga pola hidup sehat melalui akses sanitasi yang lebih baik.

Tugu Insurance selaku anak usaha PT Pertamina (Persero) akan terus berupaya melaksanakan inisiatif serupa di berbagai daerah yang membutuhkan maka dengan ini Tugu Insurance berharap dapat membantu mewujudkan kesejahteraan masyarakat Indonesia serta mendukung pembangunan yang berkelanjutan sesuai dengan nilai-nilai yang dijunjung Tugu Insurance.

Baca Juga: Tugu Insurance Boyong Penghargaan Asuransi Paling Efiesien di BIFA 2024

Selanjutnya: Mau Investasi di Reksadana, BNI AM Gandeng BTPN untuk Pemasaran Reksadana Indeks

Menarik Dibaca: Mau Investasi di Reksadana, BNI AM Gandeng BTPN untuk Pemasaran Reksadana Indeks

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti