Tumbuh tipis, pasar skutik masih gesit



JAKARTA. Motor skuter matik (skutik) masih menjadi jawara pasar kendaraan roda dua. April ini, penjualan motor skutik mencapai 470.207 unit atau 64,48% dari seluruh pasar kendaraan roda dua yang sebanyak 729.279 unit.

Dibandingkan bulan Maret, penjualan motor skutik pada April naik 1,23%. Kendati demikian, terjadi pergeseran pangsa pasar. Pasalnya, penjualan Honda di bulan April turun. Padahal pesaingnya, seperti Suzuki dan Yamaha, masih sanggup menanjak.

Merujuk data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), pada bulan Maret 2014, market share Honda sebesar 44,65% dengan mengantongi penjualan sebesar 325.673 unit. Namun, pada April, pangsa pasar Honda turun menjadi 42,31%.


Kendati demikian, Honda masih mempertahankan posisinya di urutan pertama pasar motor skutik. "Penjualan turun karena stok beberapa produk belum normal dan masalah hari kerja yang pendek," ujar Margono Tanuwijaya, Marketing Director Astra Honda Motor (AHM) kepada KONTAN, Minggu (11/5).

Di bulan Mei, Margono memprediksi penjualan juga tidak maksimal. Alasannya, selama Mei, hari kerja lebih pendek dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. "Harapan kami, meski ada penurunan penjualan, pangsa pasarnya bisa bertahan," katanya.

Berbeda dengan Honda, pabrikan motor lainnya yakni Yamaha dan Suzuki justru meningkat. Pada bulan Maret, penjualan motor skutik Yamaha sekitar 132.031 unit atau 18,12% dari pasar nasional. Bulan berikutnya, pangsa pasar Yamaha naik menjadi 21,09% dengan mencetak penjualan sebesar 153.842 unit.

Begitupun juga dengan Suzuki. Walaupun, penjualannya tak sebesar Honda, Suzuki berhasil mengerek penjualannya hingga 15,6% menjadi 7.395 unit di bulan April dari Maret yang hanya 6.397 unit. Suzuki berhasil meningkatkan pangsa pasar dari 0,8% di bulan Maret menjadi 1,02%.

Gencar promosi

Yohan Yahya, General Manager Marketing 2W Suzuki Indomobil Sales mengakui, tahun ini, perusahaannya akan menggenjot penjualan skutik. Suzuki menargetkan pangsa pasar skutik Suzuki bisa mencapai 7% di 2014.

Strategi untuk menggenjot penjualan motor skutik adalah menggeber kegiatan promosi, seperti semakin getol mengenalkan Nex sebagai motor skutik paling irit di kelasnya. "Matik kami ditunjang khususnya oleh kenaikan tipe Nex," kata Yohan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Fitri Arifenie