Tunas Baru Lampung (TBLA) siapkan dana sebesar ini untuk buyback saham



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Tunas Baru Lampung Tbk (TBLA) berencana melakukan pembelian kembali (buyback) saham yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI). TBLA akan buyback sebanyak-banyaknya 500 juta saham atau setara 9,35% dari modal ditempatkan dan disetor penuh.  

Buyback ini dilakukan secara bertahap dalam waktu tiga bulan, terhitung sejak 10 Maret 2020 sampai 9 Juni 2020. TBLA akan membeli kembali saham-saham tersebut pada harga yang dianggap baik dan wajar oleh manajemen perusahaan.

Baca Juga: Turunkan saldo utang bank, Tunas Baru Lampung (TBLA) tawarkan obligasi Rp 500 miliar

Berdasarkan keterbukaan informasi TBLA, Selasa (10/3), langkah buyback saham ini diambil untuk menjaga kestabilan pasar modal Indonesia. Sebagaimana diketahui, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) merosot 18,46% sepanjang tahun ini ke level 5.136,81 per Senin (9/3). Sejalan dengan itu, harga saham TBLA anjlok 44,22% secara year to date ke Rp 555 per saham. 

"Hal ini seiring dengan pelambatan dan tekanan perekonomian baik regional maupun nasional sebagai akibat dari wabah COVID-19 dan melemahnya harga minyak dunia," kata manajemen TBLA dalam keterbukaan informasi.

Baca Juga: Rilis Obligasi Rp 500 Miliar Untuk Refinancing, TBLA Tawarkan Bunga Hingga 9,75%

Editor: Noverius Laoli