TWP90 Fintech Lending Naik per Mei, Ini Penyebabnya!



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat tingkat risiko kredit macet secara agregat atau TWP90 fintech peer to peer (P2P) lending pada Mei 2024 sebesar 2,91%. Angka tersebut naik 2,79% dari bulan sebelumnya.

Pengamat sekaligus Direktur Ekonomi Digital Center of Economic and Law Studies (Celios), Nailul Huda menerangkan kenaikan tersebut disebabkan faktor Ramadan dan Lebaran, yang mana outstanding penyaluran pinjaman fintech P2P lending pada momen tersebut juga meningkat. 

"Biasanya akan meningkatkan probabilitas TWP90 pada 2-3 bulan berikutnya," katanya kepada Kontan, Senin (8/7).


Baca Juga: Angka TWP90 Naik pada Mei 2024, Ini Penyebabnya Kata AFPI

Menurutnya fintech lending harus memperhatikan peminjaman pada bulan tertentu, seperti Ramadan hingga Lebaran. Penyelenggara harus memperbaiki lagi untuk kualitas penyalurannya. 

"Saya melihatnya banyak yang butuh pembiayaan pada bulan-bulan tertentu yang meningkatkan probabilitas untuk peningkatan TWP90," ujarnya.

Hingga Juli 2024, Nailul memperkirakan siklus TWP90 industri masih akan meningkat. Biasanya angka TWP90 akan datar lagi setelah Juli 2024. Hal itu diprediksi berdasarkan tren dari tahun-tahun sebelumnya secara teknikal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Putri Werdiningsih