UAW Berencana Melakukan Pemungutan Suara Mogok Kerja di Cabang Lokal Stellantis



KONTAN.CO.ID - DETROIT. Serikat pekerja United Auto Workers berencana untuk mengadakan pemungutan suara otorisasi mogok kerja di satu atau beberapa cabang lokal Stellantis dalam beberapa hari mendatang, kata presiden serikat UAW, Shawn Fain pada hari Selasa. 

Fain dalam beberapa bulan terakhir telah memanggil CEO Stellantis Carlos Tavares karena gagal memenuhi komitmen produk dan investasi yang disetujui pembuat mobil tersebut setelah serikat pekerja melakukan pemogokan selama enam minggu pada musim gugur lalu.

Stellantis mengatakan fokusnya tetap pada penawaran berbagai kendaraan konvensional dan listrik yang terjangkau untuk konsumen dan memastikan keberlanjutan perusahaan dan tenaga kerjanya.


Baca Juga: Ekspor Jepang Melambat Tajam, Pesanan Mesin Menyusut, Berimbas pada Pemulihan Ekonomi

"Komitmen yang kami buat selama negosiasi tahun 2023 mencakup masa berlaku perjanjian 4 tahun, 7-1/2 bulan, jadi tidak mengherankan bahwa komitmen tersebut belum sepenuhnya terwujud pada tahun pertama," kata perusahaan tersebut dalam sebuah pernyataan. 

Cabang-cabang Stellantis setempat telah mengajukan keluhan terkait dugaan rencana perusahaan untuk memindahkan produksi Dodge Durango keluar dari Amerika Serikat, kata para pemimpin serikat pekerja minggu ini. 

Stellantis mengatakan mereka belum mengonfirmasi rencana apa pun untuk memindahkan produksi kendaraan tersebut. 

Serikat pekerja juga menyoroti penundaan perusahaan atas rencana investasi bernilai miliaran dolar ke pabrik dan pabrik baterai baru di Belvidere, Illinois. 

"Kami 100% berhak dan berwenang untuk melakukan aksi mogok jika perlu," kata Fain dalam pidato video pada Selasa malam. 

Mogok kerja serikat pekerja otomotif biasanya terjadi selama negosiasi kontrak nasional setiap empat tahun. 

Aksi mogok kerja besar-besaran di luar periode tersebut jarang terjadi. 

"Taruhannya sangat tinggi. Bagi serikat pekerja, ini adalah momen kritis untuk memastikan keuntungan yang dirasakan telah diraih dihormati," kata Harley Shaiken, seorang profesor ketenagakerjaan di University of California, Berkeley. 

Baca Juga: AS Selidiki Impor Uranium dari China, Ada Masalah Apa?

Fain mengatakan 28 warga Stellantis setempat mengajukan keluhan, yang mencakup puluhan ribu anggota UAW. 

Seorang pejabat UAW mengatakan sekitar 98% dari keanggotaan Stellantis tercakup dalam keluhan tersebut, menjadikan potensi pemogokan sama kuatnya dengan aksi mogok nasional.

SERIKAT PEKERJA MELAKUKAN LANGKAH STRATEGIS

Pendekatan serikat pekerja yang ditargetkan secara lokal per lokal lebih strategis daripada menyerukan aksi mogok nasional, yang menurut Stellantis kemungkinan akan melanggar kontrak mereka di pengadilan, kata Shaiken.

Serikat pekerja pada hari Senin juga mengajukan klaim praktik ketenagakerjaan yang tidak adil kepada Dewan Hubungan Perburuhan Nasional terhadap Stellantis, dengan mengatakan perusahaan tersebut menolak untuk memberikan informasi tentang rencana produk masa depannya.

Mendapatkan pekerjaan di pabrik Belvidere adalah salah satu kemenangan serikat pekerja yang paling berharga setelah pemogokan nasional terhadap Stellantis, Ford Motor  dan General Motors akhir tahun lalu, dan merupakan simbol kemampuan kelompok buruh untuk melindungi pekerjaan serikat pekerja saat industri beralih ke produksi kendaraan listrik. 

UAW juga memenangkan rekor kenaikan upah umum sebesar 25%, pengembalian penyesuaian biaya hidup, dan hak untuk mogok atas komitmen dan investasi produk, yang menurut Fain memungkinkan mereka untuk melakukan aksi mogok terhadap Stellantis sekarang.

Pada saat yang sama, Stellantis menghadapi reaksi keras dari para dealer dan pemegang sahamnya atas banyaknya stok dan penjualan yang melambat dalam beberapa bulan terakhir.

"Tidak setiap hari kami para pekerja otomotif berada di pihak yang sama dengan para dealer, pihak yang sama dengan para pemasok, dan pihak yang sama dengan para pemegang saham. Namun, hari ini adalah hari itu, dan kami siap untuk melakukan aksi mogok agar Stellantis menepati janji," kata Fain.

Sejalan dengan proses serikat pekerja, Stellantis memiliki beberapa kesempatan untuk menanggapi keluhan cabang lokal UAW. 

Jika masalah tersebut tidak terselesaikan, serikat pekerja memiliki waktu 60 hari untuk mengadakan pemungutan suara mengenai apakah akan melakukan aksi mogok.

Setelah mayoritas pekerja di serikat pekerja lokal mengesahkan aksi mogok, UAW bertemu dengan perusahaan sebanyak tujuh kali dan menyelesaikan masalah tersebut atau melakukan aksi mogok.

Baca Juga: Pengenaan Tarif EV Uni Eropa Menganggu Kerjasama Perdangan Tiongkok - Jerman

Selanjutnya: Jasindo Siap Sukseskan Program Pangan Nasional Lewat AUTP

Menarik Dibaca: Berikut Cara Mencegah Mesin Mobil Agar Tidak Overheat

Editor: Tri Sulistiowati