Ubah batubara, PTBA gandeng korporasi Australia



JAKARTA. PT Bukit Asam Tbk (PTBA) bekerjasama dengan Ignite Energy Resources Ltd (IER) untuk pengembangan teknologi konversi batubara kalori rendah menjadi minyak mentah sintetis dan batubara kalori tinggi.

Joko Pramono, Sekretaris Perusahaan PTBA mengatakan, pihaknya telah menandatangani kerjasama (MoU) dengan Ignite untuk pengembangan teknologi Cat-HTR di Australia dan Indonesia.

Minyak mentah sintetis yang dihasilkan selanjutnya  bisa diproses sehingga menghasilkan bensin, kerosin. Sedangkan batubara kalori tinggi dapat langsung digunakan untuk industri baja dan pembangkit listrik.


"Batubara kalori rendah PTBA sudah dikirim ke Australia untuk diuji coba menggunakan teknologi Cat-HTR," ujar Joko pada pernyataan resminya, Selasa (6/5).

Uji coba itu telah membuahkan hasil. Batubara berkalori rendah itu sukses menghasilkan minyak mentah sintetis dengan kualitas menyerupai minyak mentah biasa. Selain itu, juga bisa menghasilkan batubara dengan nilai kalori lebih dari 7.000 kilo kalori.

Lebih lanjut, kata Joko, PTBA berpeluang melakukan investasi pada proyek pengembangan teknologi Cat-HTR melalui lisensi teknologi yang akan dikembangkan di Indonesia dan Australia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri