Uji Coba Penggunaan Aplikasi Cantas MLFF Akan Mulai di Tol Bali



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Uji coba aplikasi Cantas untuk mendukung transaksi nirsentuh tanpa kartu di jalan tol atau Multi Lane Free Flow (MLFF) akan dilakukan pada Juni 2023. Hal itu sejalan dengan dimulainya uji coba penerapan MLFF di ruas Tol Bali - Mandara.

"Uji coba cantas nanti di Bali," ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono ditemui di Jakarta Convention Center, Kamis (16/2).

Basuki mengatakan, nantinya akan ada standar operasional prosedur (SOP) untuk penerapan aplikasi tersebut. Termasuk untuk mengatur jika ada yang melakukan pelanggaran dalam uji coba penerapan MLFF.

"Kalo soal legalitasnya apakah melalui RPP (MLFF) atau apa, nanti Juni kita ada siap untuk dicoba," ucap Basuki.

Baca Juga: Menteri PUPR Sebut Jasa Marga Akan Lepas Saham Beberapa Ruas Tol Trans Jawa

Sebelumnya, Kementerian PUPR mengatakan uji coba sistem transaksi tol nontunai nirsentuh atau Multi lane Free Flow (MLFF) akan dilakukan di 6 ruas tol pada tahun ini.

Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Ali Rachmadi menyampaikan, uji coba pertama dilakukan di ruas tol Bali – Mandara pada Juni 2023. Dari uji coba tersebut, akan dilihat evaluasi pelaksanaan MLFF.

Kemudian, Ali mengatakan, uji coba sistem MLFF akan dilakukan di lima ruas tol pada Desember 2023. Kelima ruas tol tersebut antara lain, Tol Jagorawi, Tol Jakarta-Cikampek, Tol Dalam Kota, dan Tol JORR (termasuk Ulujami-Pondok Aren-Serpong), dan Tol Balikpapan – Samarinda.

Baca Juga: Banjir Kota Surakarta Meluas, Sebanyak 7.885 Warga Mengungsi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat