Ulang Tahun ke-65, Astra Ajak Masyarakat Bersinergi Bangun Indonesia



KONTAN.CO.ID - Setelah menanam 65.000 pohon dan 65 solar panel, Astra kembali melanjutkan perayaan HUT ke-65 dengan bernuansa Pulau Sumatera sembari memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia secara virtual pada Rabu (8/6). Acara virtual ini terdiri dari beberapa kegiatan, di antaranya Sustainability Webinar, InnovNation Webinar, Virtual Exhibition, Astra Career Meet Up, dan Kreasi Nusantara Wilayah Sumatera.

Acara yang diselenggarakan dari tangga 6-8 Juni 2022 ini juga dihadiri dan dibuka oleh Direktur Astra Suparno Djasmin dan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.

Dalam sambutannya, Suparno Djasmin memberikan makna mendalam tema Hari Ulang Tahun (HUT) ke-65 Astra Wilayah Sumatera, yaitu Semangat Bergerak dan Tumbuh Bersama. Tema tersebut merupakan ajakan bagi seluruh insan Astra dan masyarakat Indonesia agar terus bersinergi.


Bagi Insan Astra, mereka akan terus bersemangat untuk kreatif dan berkembang bagi perusahaan maupun masyarakat. Jangan sampai kreativitas tersebut hilang, terlebih persaingan antar perusahaan semakin ketat. Insan yang penuh inovasi, lanjut Suparno, juga sangat penting untuk bisnis perusahaan di masa depan.

Suparno juga bercerita, saat berdiri 65 tahun lalu, Astra hanya diisi beberapa karyawan dan fokus untuk berdagang. Namun semangat untuk mengembangkan nama perusahaan sangat besar dilakukan oleh karyawan. Hingga kini, Astra sudah memiliki 240 lini bisnis dengan 188.788 karyawan.

Hal tersebut menunjukan Astra terus tumbuh menjadi perusahaan yang penuh inovasi. Perkembangan ini tidak hanya terasa bagi perusahaan, tapi juga bagi masyarakat karena dapat berkarir di Astra.

“Tema ini mengajak kepada Insan Astra dan masyarakat untuk berbagi semangat dan optimis dan bergerak tumbuh bersama ke masa depan yang lebih baik,” kata Suparno Djasmin saat memberikan sambutan via Zoom.

Bagi masyarakat, tema ini juga menjadi ajang optimisme guna membangun Indonesia yang lebih maju. Masyarakat dapat membuat kegiatan positif yang berdampak bagi Indonesia, misalnya lewat pendidikan, lingkungan, atau merawat budaya nasional.

Di sisi lain, Edy Rahmayadi mengucapkan terima kasih kepada Astra berkat kegiatan positifnya untuk lingkungan, khususnya di Sumatera Utara. Astra banyak berkontribusi bagi masyarakat dengan aktivitas merawat lingkungan di Pulau Samosir. Dengan dibangunnya 65 unit solar panel, Astra dan Provinsi Sumatera Utara mendukung program pemerintah dalam mengurangi emisi gas rumah kaca.

Sumatera Utara, lanjut Edy, turut mendukung penggunaan energi reusable. Energi ini akan sangat meminimalisir efek rumah kaca yang berdampak buruk bagi lingkungan, terlebih Sumatera Utara terkenal juga dengan wisata alamnya.

“Astra sudah banyak berkontribusi bagi Sumatera Utara. Menanam pohon dan memasang energi solar di di Pulau Samosir. Energi Reusable, ini menjadi semangat target zero net emission yang sudah dicanangkan Presiden RI,” kata Edy Rahmayadi.

Secara bisnis, sambung Edy, Provinsi Sumatera Utara juga memberikan kemudahan bisnis bagi Astra, di antaranya pembayaran kendaraan baru lewat M-Banking dan kemudahan pengecekan pemilik kendaraan untuk percepatan STNK. Pria yang pernah menjabat sebagai ketua PSSI itu mengapresiasi Astra yang mendukung kemudahan tersebut karena pemerintah daerah lebih mudah mendapat pemasukan dari pajak kendaraan masyarakat di Sumatera Utara.

Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk (ASII) Boy Kelana Soebroto mengatakan rangkaian kegiatan Ulang Tahun ke-65 Astra masih terus berlanjut. Ada tiga tema yang akan diselenggarakan di berbagai wilayah tengah dan timur Indonesia, yaitu Hari UMKM dan HUT ke-77 Republik Indonesia bernuansa Sulawesi, Hari Keselamatan Berlalu Lintas dengan nuansa Kalimantan, dan ditutup dengan Hari Kesehatan bernuansa Bali, Nusa Tenggara dan Indonesia Bagian Timur.

“Masih ada beberapa rangkaian, seperti tema keselamatan berlalu lintas bernuansa Kalimantan dan tema kesehatan bernuansa Bali, Nusa Tenggara, dan Indonesia Bagian Timur,” ungkap Boy Kelana.

Rangkaian Ulang Tahun ke-65 Astra Wilayah Sumatera ini bisa dikunjungi lewat situs 65tahunastra.jagat.live. Pengunjung dapat menikmati tur gedung virtual bertema Astra dan melihat beragam informasi, sejarah, dan program Astra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Indah Sulistyorini