KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terus didorong untuk dapat melebarkan sayap produk/jasanya hingga ke pasar global. Sebagaimana data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, 64 juta UMKM berkontribusi 60% dari total PDB Indonesia, serta menyerap 97% tenaga kerja. Namun, kontribusi UMKM terhadap ekspor masih rendah sebesar 14,37%, masih tertinggal dengan negara-negara APEC yang bahkan dapat mencapai 35%. Kini melalui digitalisasi UMKM didorong untuk semakin melebarkan pasarnya. Salah satu platform marketplace yang memberi jembatan UMKM untuk mampu ekspor ialah Shopee dengan Program Ekspor Shopee.
UMKM lokal rambah pasar mancanegara lewat platform digital
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terus didorong untuk dapat melebarkan sayap produk/jasanya hingga ke pasar global. Sebagaimana data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, 64 juta UMKM berkontribusi 60% dari total PDB Indonesia, serta menyerap 97% tenaga kerja. Namun, kontribusi UMKM terhadap ekspor masih rendah sebesar 14,37%, masih tertinggal dengan negara-negara APEC yang bahkan dapat mencapai 35%. Kini melalui digitalisasi UMKM didorong untuk semakin melebarkan pasarnya. Salah satu platform marketplace yang memberi jembatan UMKM untuk mampu ekspor ialah Shopee dengan Program Ekspor Shopee.