Umumkan akuisisi, saham SMAR jadi top gainers



JAKARTA. Pada penutupan perdagangan sesi I, saham PT Sinarmas Agro Resources and Technology Tbk (SMAR) menempati posisi ketiga jajaran top gainers. Pada sesi tersebut, saham SMAR ditutup di level 9.600, naik 20% atau naik 1.600 poin lebih tinggi dibanding level sebelumnya.

Disinyalir, kenaikan dipicu oleh aksi korporasi SMAR untuk mengakuisisi 50% saham produsen air mineral Prestine,PT Super Wahana Tehno (SWT). SWT sendiri merupakan perusahaan joint venture dengan Nihon Trim, Co. Ltd. yang berdomisili di Jepang.

Dimintai konfirmasi terpisah, Pinta Sari Chandra selaku Investor Relation SMAR mengungkapkan, proses akuisisi tinggal menunggu legalisir dari otoritas bursa. Ia memperkirakan prosesnya bakal selesai kuartal III nanti. "Nilai akuisisinya sebesar Rp 21 miliar," jelasnya kepada KONTAN, Rabu (26/6).


Pinta mengaku, saat ini kontribusi SWT terhadap kinerja SMAR belum begitu signifikan. Tapi dengan akuisisi ini, manajemen akan menjadi lebih leluasa untuk memanfaatkan tim marketing yang kuat serta jaringan nasional distribusi dan logistik yang dimiliki SWT.

Selain itu, akuisisi ini kedepannya juga mampu mendorong pertumbuhan pasar dan meningkatkan efisiensi biaya SWT. "Pada akhirnya, SWT bisa memberikan kontribusi besar bagi SMAR," pungkas Pita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri