Unicef apresiasi upaya pemerintah Indonesia melakukan imunisasi



KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Upaya pemerintah Indonesia memberikan imunisasi kepada anak berusia 5 sampai 10 tahun mendapat apresiasi dari Organisasi internasional The United Nations Children's Fund (Unicef). Lembaga dunia ini juga menilai kegiatan imunisasi  ini melindungi generasi penerus dari ancaman penyakit berbahaya yang mengancam jiwa.

"Pemerintah luar biasa komitmennya untuk menjaga hal ini, sekarang layanan imunisasi dasar buat anak balita dan usia sekolah dapat dilakukan melalui pos layanan imunisasi," kata Communication for Development Specialist Unicef Indonesia Rizky Ika Syafitri dalam diskusi Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) bertajuk "Vaksin: Melindungi Diri, Melindungi Negeri" yang diselenggarakan pada Media Center KPCPEN di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Kamis (1/10/2020).

Menurut dia, pemerintah telah menunjukkan perhatiannya dalam melindungi masyarakat dari penyakit berbahaya, salah satunya dengan cara komitmen melakukan imunisasi bahkan secara gratis kepada masyarakat. Hal ini membuktikan, upaya optimal pemerintah dalam membuat masyarakat senantiasa aman dari gangguan penyakit-penyakit.

"Imunisasi diberikan secara gratis oleh pemerintah jadi masyarakat yang punya anak balita maupun usia sekolah bisa datang langsung ke pos pelayanan imunisasi," tuturnya.

Baca Juga: ASI bisa cegah infeksi Virus Corona pada bayi, ini penjelasan ilmiahnya

Sebagai lembaga yang memperhatikan masalah anak, Ia memandang langkah pemerintah Indonesia telah tepat. Melakukan serangkaian intervensi khususnya di bidang kesehatan melalui program imunisasi. Berkat dari hal itu, jutaan nyawa anak dari berbagai usia dapat diselamatkan dari ancaman penyakit berbahaya.

"Sudah terbukti menyelamatkan jutaan anak dari kematian, kesakitan, dan kecatatan. Ini  merupakan hal yang luar biasa manfaatnya," imbuhnya.

Imunisasi diakuinya telah terbukti bisa menambah kekebalan tubuh kebal terhadap berbagai virus dan bakteri. "Masyarakat harusnya betul-betul mengambil manfaat dari program yang disediakan pemerintah ini," katanya.

Imunisasi juga merupakan langkah yang dapat melindungi orang lain dari ancaman penyakit berbahaya. Maksudnya, dengan seseorang melakukan imunisasi maka secara otomatis tidak akan menulari orang lain dari berbagai penyakit.

Baca Juga: 4 Cara efektif menenangkan bayi yang menangis, patut dicoba para orang tua

Contohnya, seseorang yang melakukan imunisasi dapat mencegah kaum rentan tertular penyakit berbahaya. Apabila, mayoritas masyarakat menjalankan hal tersebut, maka dapat menghasilkan ketahanan kelompok yang membuat setiap individu masyarakat mendapatkan kekebalan tubuh dalam menangkal penyakit berbahaya.

"Penyakit itu semakin besar cakupannya yang diimunisasi dari jumlah populasi itu maka akan terbentuk kekebalan kelompok (herd imunity)," pungkasnya   

Selanjutnya: Terpukul Covid-19, pemerintah akan dorong pemulihan sektor pariwisata

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli