Unilever beli merek SHE senilai Rp 7,25 miliar



JAKARTA. PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) mengambil alih hak atas merek penyegar badan (cologne) SHE yang diproduksi PT Unilever Body Care Indonesia Tbk dengan nilai transaksi mencapai Rp 7,25 miliar.

"Perjanjian pengalihan dan penyerahan hak atas merek SHE kepada Unilever Indonesia dilakukan pada 5 Oktober 2012," demikian disampaikan manajemen Unilever Indonesia dan Unilever Body Care Indonesia dalam informasi publik yang diterbitkan, Senin (8/10).

Nilai transaksi yang dibayar Unilever Indonesia di atas nilai pasar wajar yang dihitung sebesar Rp 7,16 miliar. Kedua pihak yang bertransaksi ini merupakan anak usaha dari Unilever Indonesia Holding BV.


Kepemilikan Unilever Indonesia Holding BV di Unilever Indonesia sebesar 85% dan di Unilever Body Care Indonesia sebesar 98%. Alasan Unilever Indonesia membeli merek SHE adalah untuk mendukung kegiatan perusahaan di bidang produksi, pemasaran dan distribusi produk perawatan kosmetik serta rumah tangga.

Sebagai informasi, Unilever Body Care Indonesia sudah tidak bisa menggunakan dan mengembangkan merek SHE di Indonesia. Dengan melepas merek SHE, Unilever Body Care Indonesia dapat memenuhi rencana jangka pajang perseroan untuk fokus menjadi perusahaan manufaktur.

Dana yang didapatkan dari transaksi akan digunakan perseroan untuk membeli mesin-mesin dan peralatan. Sementara itu, kehadiran merek SHE, membuat portofolio merek dagang Unilever Indonesia kian bertambah.

"SHE sudah memiliki branding dan image yang cukup matang di pasar produk personal care," papar manajemen Unilever Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri