KONTAN.CO.ID -Sebagai upaya untuk mendorong para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) agar dapat terus berkembang, perusahaan ritel global asal Jepang, UNIQLO bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat meluncurkan instalasi yang akan menampilkan produk dari UKM lokal Bandung serta menyelenggarakan lokakarya pelatihan untuk para UKM lokal di kota Bandung. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari komitmen UNIQLO melalui program UNIQLO Neighborhood Collaboration untuk meningkatkan kehidupan masyarakat yang diwujudkan dengan upaya pemulihan roda ekonomi melalui dukungan pertumbuhan UKM lokal di Indonesia. “Kami harap kehadiran UNIQLO di Indonesia dapat memberikan kontribusi yang positif dengan tidak hanya memenuhi kebutuhan gaya hidup masyarakat melalui pakaian yang nyaman dan berkualitas, tetapi juga berperan aktif terhadap kesejahteraan masyarakat dengan merangkul kearifan lokal, membangkitkan perekonomian retail dan mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah sekitar lokasi usaha kami.
Kali ini, melalui program UNIQLO Neighborhood Collaboration, kami ingin memberikan kesempatan bagi para pelaku bisnis lokal dan UKM di Kota Bandung untuk mengembangkan potensinya dan untuk bisa memperoleh kesempatan agar dapat dikenal oleh masyarakat yang lebih luas lagi, ” ujar Irma Yunita, Corporate Affairs Director PT Fast Retailing Indonesia (UNIQLO Indonesia). Program yang diluncurkan sejak tahun 2019 ini menampilkan instalasi di dalam area toko-toko UNIQLO Indonesia yang berisi beberapa produk dan informasi dari UKM lokal yang telah terpilih melalui proses kurasi dan akan dikaji setiap 1 tahun untuk memberikan kesempatan yang sama kepada UKM lainnya agar dapat ditampilkan di UNIQLO Neighborhood Collaboration. Di Kota Bandung, UNIQLO Neighborhood Collaboration yang bernama #BANDUNGNEIGHBORHOOD pertama kali hadir di UNIQLO 23 Paskal dengan melibatkan total 8 UKM lokal Bandung. Pada tahun 2022, UNIQLO Neighborhood Collaboration juga tersedia di UNIQLO Heritage Bandung pada hari pembukaan dengan melibatkan total 6 UKM lokal Bandung. Sejalan dengan komitmennya untuk memperluas pasar bagi UKM lokal setempat, UNIQLO memperbesar cakupan program tersebut ke dua toko lainnya di Bandung yakni UNIQLO Paris Van Java dan UNIQLO Trans Studio Mall Bandung yang diluncurkan pada 15-16 Februari 2023. Dari 80 UKM yang telah mengikuti proses kurasi, terdapat 46 UKM yang lolos dan produknya akan ditampilkan secara bergiliran dalam periode waktu 1 tahun dengan 5-8 produk UKM per toko. Selain menyediakan ruang promosi untuk UKM, UNIQLO juga ingin memberikan kesempatan bagi 34 UKM yang belum lolos kurasi untuk bisa bersama-sama belajar dan menambah pengetahuan serta keterampilan sebagai bekal untuk membangun bisnis yang lebih baik dengan menyelenggarakan lokakarya dengan tema “Branding Marketing” pada 16 Februari 2023 bekerja sama dengan Markplus Institute. Materi yang diberikan seputar pemasaran merek dagang, penguasaan media sosial untuk pemasaran, serta meningkatkan keterampilan negosiasi dan pitching yang diharapkan dapat membantu meningkatkan keeterampilan dan daya saing UKM di kota Bandung.
Kegiatan tersebut merupakan bagian dari program UNIQLO Neighborhood Collaboration yang selaras dengan wujud nyata pilar utama keberlanjutan yaitu, People dan Society, yang merupakan bagian dari 3 pilar keberlanjutan yang diusung oleh UNIQLO, dengan terus berupaya berkontribusi kepada masyarakat dan berperan serta aktif dalam meningkatkan daya saing UKM di berbagai daerah di Indonesia. Tentang UNIQLO LifeWear Busana yang berasal dari budaya Jepang yang menghargai kesederhanaan, kualitas terbaik, dan ketahanan. Didesain untuk selalu sesuai dari waktu ke waktu, LifeWear diciptakan dengan gaya modern dan elegan untuk menjadi komponen gaya masing-masing individu. Sebuah kemeja yang sempurna yang senantiasa dibuat lebih sempurna. Kesederhanaan desain dengan detail-detail modern yang tersembunyi dan penuh pemikiran. Potongan dan bahan terbaik yang dibuat agar mudah didapatkan dengan harga terjangkau. LifeWear merupakan pakaian yang terus diperbarui, lebih hangat, lebih ringan, desain yang lebih baik, dan lebih nyaman bagi kehidupan bermasyarakat. Tentang UNIQLO and Fast Retailing UNIQLO adalah merek pakaian milik fast Retailing Co, Ltd., sebuah perusahaan ritel global terkemuka dari Jepang yang berpusat di Tokyo. UNIQLO merupakan merek terbesar dari delapan merek dagang lainnya di grup Fast Retailing, seperti GU, Theory, PLST (Plus T), Comptoir des Cotonniers, Princesse tam.tam, J Brand dan Helmut Lang. Dengan nilai penjualan global sekitar 2.3 Triliun Yen untuk tahun 2022, tahun fiskal yang berakhir pada Agustus 2022 (USD 16.6 milyar, dihitung dengan kurs pada akhir Agustus 2022 1 US Dollar = 138.7 Yen), Fast Retailing merupakan salah satu perusahaan ritel pakaian terbesar di dunia, dan UNIQLO merupakan peritel spesialis utama di Jepang. UNIQLO terus membuka toko berskala besar di beberapa kota dan lokasi penting di dunia, bagian dari upaya untuk memperkuat statusnya sebagai sebuah brand global. Saat ini UNIQLO memiliki lebih dari 2.400 toko di seluruh dunia termasuk Jepang, Asia, Eropa dan Amerika Utara. Selain itu, UNIQLO mendirikan suatu model bisnis sosial yang didirikan di Bangladesh bersama dengan Bank Grameen di tahun 2010, dan kini sudah berdiri lebih dari 20 toko Grameen-UNIQLO di Dakha. Seiring dengan komitmen perusahaan untuk changing clothes, changing conventional wisdom and change the world (mengubah pakaian, mengubah pemikiran konvensional, merubah dunia) Fast Retailing berdedikasi untuk menciptakan pakaian berkualitas dengan nilai unik dan baru yang diharapkan mampu memperkaya kehidupan orang-orang dimanapun.
Baca Juga: UNIQLO Umumkan Pembukaan 8 Toko Baru Hingga Pertengahan Tahun 2023 Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti