United Tractors& Astra Berkolaborasi dengan BKKBN Gelar Ajang Kespro Kawula Muda 2024



KONTAN.CO.ID - PT United Tractors Tbk (UT) dan PT Astra International Tbk (Astra) bekerja sama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dalam penyelenggaraan kegiatan yang mempromosikan kesehatan reproduksi (kespro) yaitu Ajang Kespro Kawula Muda (AKUKAMU) 2024 yang bertema Remaja Cerdas, Reproduksi Sehat, Masa Depan Cerah.

Acara ini dihadiri oleh Direktur Bina Kespro, Marianus Mau Kuru; Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Eka Sulistia Ediningsih, SH; Team Leader Corporate Social Responsibility (CSR) UT, Dimas Aryo Wicaksono; Konsultan Ahli BKKBN RI, DR. dr. Riyo Kristian Utama, MH. Kes; Praktisi Kespro Remaja, dr. Hervyasti Perwiandri; serta pihak pejabat fungsional di lingkungan BKKBN Pusat dan perwakilan BKKBN Provinsi dari seluruh Indonesia.

Adapun tujuan dari penyelenggaraan acara ini yaitu untuk meningkatkan wawasan, sikap, dan perilaku generasi muda mengenai pentingnya kespro. Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk meningkatkan capaian pelayanan Keluarga Berencana Pasca Persalinan (KBPP). Acara ini diselenggarakan pada tanggal 25 Juni 2024 yang bertempat di Hotel Harris Sentraland, Semarang.


“Kerja sama yang dijalin UT dan BKKBN ini merupakan wujud komitmen UT dalam memberikan kontribusi positifnya terhadap masyarakat mengenai program edukasi kespro bagi remaja. Hal ini sejalan dengan upaya UT dalam mewujudkan generasi muda Indonesia yang sehat dan berkualitas,” ujar Dimas Aryo Wicaksono.

Dalam pelaksanaannya, terdapat beberapa rangkaian acara yang meliputi acara inti yaitu penampilan finalis Jingle Dance Creation Challenge yaitu lomba cipta jingle dan dance yang diikuti oleh 29 tim pada kategori umum remaja dan 4 tim kategori inklusif yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia.

Selain itu, terdapat juga acara Apresiasi Bidan, Edukasi, dan Pelayanan KBPP “AKUKAMU dan Asik KBPP-Bidan 2024” yang merupakan bentuk apresiasi kepada para bidan yang telah berdedikasi dalam memberikan pelayanan KB dan edukasi kesehatan reproduksi kepada masyarakat. Setelah itu, dilanjutkan dengan acara Talk Show Kespro dan KBPP dalam Mendukung Percepatan Penurunan Stunting, serta penampilan kembali juara I AKUKAMU 2024 di setiap kategorinya.

Harapannya, acara ini dapat menjadi wadah bagi remaja dalam meningkatkan pengetahuan dan kesadaran mereka mengenai kespro. Dengan demikian, hal tersebut dapat menghindarkan dan melindungi mereka dari perilaku pergaulan bebas maupun perilaku lainnya yang dapat mempengaruhi kesehatan reproduksi lainnya.

Sekilas Tentang United Tractors

PT United Tractors Tbk (UT) yang dikenal sebagai distributor alat berat terbesar di Indonesia telah berdiri sejak tahun 1972. Saat ini UT telah berkembang dan memiliki lima pilar bisnis, yaitu Mesin Konstruksi, Kontraktor Penambangan, Pertambangan, Industri Konstruksi dan Energi. Sebagai kontribusi UT terhadap pencapaian Sasaran Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), UT secara konsisten melaksanakan kegiatan-kegiatan yang menjunjung tinggi keberlanjutan.

ESG United Tractors

Sebagai perusahaan alat berat, pertambangan, dan energi kelas dunia, serta pengalaman selama lebih dari 50 tahun di Indonesia, UT berkomitmen untuk menghadirkan masa depan yang berkelanjutan. Hal ini dilakukan melalui penerapan prinsip ESG yang efektif dengan memperhatikan lingkungan, berdampak baik bagi sosial masyarakat, serta menjunjung tata kelola perusahaan yang baik pada seluruh level operasi bisnisnya.

Di sisi lainnya, UT juga melakukan optimalisasi kompetensi, keahlian, dan aset strategis yang dimiliki untuk menghadirkan nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Untited Tractors Targetkan Penjualan Nikel Ore Hingga 1,6 Juta Ton Tahun Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti