United Tractors (UNTR) Mengakuisisi Perusahaan Panas Bumi, Segini Nilainya



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Geliat PT United Tractors Tbk (UNTR) dalam mengembangkan bisnis nonbatubara semakin lincah. Terbaru, UNTR melalui perusahaan terkendalinya yakni Energia Prima Nusantara, mengakuisisi sebanyak 680.000 saham PT Supreme Energy Sriwijaya.

Supreme Energy adalah perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan energi panas bumi (geothermal) dari masing-masing wilayah kerjanya untuk menghasilkan listrik yang dipasok ke PT PLN.

Dalam keterbukaan informasi di laman Bursa Efek Indonesia, Rabu (9/8), Sekretaris Perusahaan UNTR Sara K Loebis menyebut, tujuan pengambilan bagian ini adalah untuk melakukan diversifikasi usaha sebagai strategi berkesinambungan di bidang energi terbarukan, khususnya panas bumi.


“Investasi ini bermaksud untuk mencapai target United Tractors untuk melakukan diversifikasi pendapatan dari sektor usaha non batubara,” terang Sara.

Baca Juga: Anak Usaha UNTR Borong 5,52 Persen Saham Acset Indonusa (ACST), Harga Belinya Premium

Pada 7 Agustus 2023, Energia Prima Nusantara telah menandatangani perjanjian pengambilan bagian dengan Supreme Energy. Berdasarkan perjanjian tersebut, Supreme Energy Sriwijaya akan mengeluarkan sebanyak 680.000 saham baru atau setara dengan 40,47% dari total saham yang dikeluarkan oleh Supreme Energy Sriwijaya kepada Energia Prima Nusantara.

Total akuisisi ini bernilai Rp 634,94 miliar atau US$ 42,32 juta. Nilai transaksi ini dapat berubah pada saat penutupan transaksi karena adanya penyesuaian posisi laporan keuangan saat penutupan transaksi.

Setelah penandatanganan perjanjian pengambilan bagian, para pihak akan melakukan pemenuhan syarat pendahuluan sebelum tanggal akhir penyelesaian yang akan jatuh pada tanggal yang merupakan 180 hari setelah penandatanganan perjanjian pengambilan bagian, atau  pada waktu lain yang diberitahukan oleh Energia Prima Nusantara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati