Unitlink Saham Prudential Catatkan Kinerja Positif Pada Juni 2024



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Data Infovesta pada Juni 2024 (1 bulan), menyatakan kinerja unitlink berjenis saham memberikan rata-rata imbal hasil (return) tertinggi dibanding jenis lain, yaitu sebesar 1,02%. 

Adapun produk unitlink saham milik PT Prudential Life Assurance atau Prudential Indonesia menjadi salah satu yang mencatatkan kinerja tertinggi pada Juni 2024, yakni PRUlink US Dollar Global Tech Equity Fund. Produk tersebut membukukan return sebesar 6,33% pada Juni 2024.

Baca Juga: Unitlink Saham Berkinerja Paling Moncer pada Juni 2024, Ini Kata Infovesta


Mengenai hasil positif itu, Chief Customer and Marketing Officer Prudential Indonesia Karin Zulkarnaen mengatakan pihaknya senantiasa menerapkan prinsip kehati-hatian dalam melakukan penempatan dana pada subdana PRULink sesuai dengan strategi investasi pada masing-masing subdana.

"Salah satunya dengan memilih instrumen yang memiliki bisnis yang berkesinambungan, kinerja keuangan yang solid, manajemen yang berkualitas, valuasi yang menarik, dan likuiditas yang baik," ungkapnya kepada Kontan.co.id, Jumat (19/7).

Mengenai prospek ke depannya, Karin menerangkan unitlink jenis saham memiliki prospek jangka panjang yang positif meskipun ada potensi volatilitas dalam jangka pendek.

Dia bilang nasabah perlu selalu memantau kondisi ekonomi dan investasi, serta melakukan diversifikasi kelas aset sebagai upaya pengelolaan risiko.

Baca Juga: Prudential Indonesia Sebut Pembayaran Klaim dan Manfaat Meningkat 9,3%

Selain itu, Karin juga menyampaikan kinerja unitlink saham sangat tergantung pada berbagai faktor. Salah satunya pertumbuhan ekonomi, inflasi, dan suku bunga yang memengaruhi kinerja pasar saham.

"Selain itu, kebijakan fiskal dan moneter yang diambil oleh pemerintah dan bank sentral, stabilitas politik yang mendukung iklim investasi yang kondusif, perkembangan ekonomi global termasuk kondisi perdagangan internasional," tuturnya.

Karin mengatakan kinerja unitlink saham juga dipengaruhi faktor kinerja perusahaan-perusahaan (emiten), strategi bisnis, dan inovasi, yang berdampak pada harga saham perusahaan tersebut.

Selain itu, dipengaruhi juga persepsi dan ekspektasi investor pada kinerja perusahaan, sektor industri, dan ekonomi secara keseluruhan.

Baca Juga: Unitlink Pasar Uang Prudential Life Catatkan Kinerja Positif Per Juni 2024

Sebagai informasi, data Infovesta menerangkan unitlink campuran mencetak rata-rata imbal hasil positif pada Juni 2024 sebesar 0,43%. Selain itu, rata-rata return unitlink pasar uang tercatat 0,36% dan unitlink pendapatan tetap mencetak rata-rata return 0,09% pada Juni 2024. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto