Unjuk kebolehan, Nikkei melonjak 2,5%



TOKYO. Indeks Nikkei melonjak hampir 3% dan mendekati posisi tertinggi enam pekan di perdagangan Kamis sore waktu Tokyo (14/11). Indeks Nikkei menguat  setelah Menteri Keuangan Jepang, Taro Aso menyatakan niatnya untuk mengintervensi mata uang.

Indeks Nikkei menguat sampai 2,7% menjadi 14.966,43 di perdagangan sore, Kamis, dan merupakan level tertinggi sejak 24 Mei. Pernyataan dari Aso menambah tekanan terhadap yen, yang mendekati level terendah terhadap dollar Amerika Serikat (AS) dalam periode waktu dua bulan terakhir.

Selain pernyataan dari pemerintah Jepang, adanya pernyataan dari Janet Yellen, Wakil Ketua The Federal Reserve juga ikut menggairahkan Nikkei. Sebelumnya, Yellen bilang rencana pemangkasan stimulus tidak dilakukan pada bulan Desember 2013.


"Modal asing dalam kecil atau menengah sedang memburu Nikkei 225, " kata Kenichi Hirano , ahli strategi di Tachibana Securities.

Saham yang bergabung dalam indeks Nikkei yang naik cukup kuat adalah saham perusahaan alat berat, Fast Retailing Co Ltd yang melonjak 5,8%, KDDI Corp naik 5,1% dan Fanuc Corp naik 3,9%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri