Upaya Transformasi Branding dan Marketing BUMN Mendongkrak Daya Saing Global



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di tengah lanskap ekonomi global yang semakin dinamis, perusahaan BUMN berperan  sebagai penggerak utama perekonomian nasional sekaligus sebagai wajah representatif bangsa di tingkat internasional. 

Branding dan marketing kini menjadi elemen kunci dalam memperkuat posisi strategis BUMN di pasar global. Oleh karena itu, pengembangan brand yang kuat, didukung oleh strategi pemasaran yang inovatif dan adaptif, menjadi pondasi penting untuk memastikan BUMN dapat bersaing secara efektif di era yang didorong oleh teknologi canggih.

Sejumlah perusahaan BUMN berhasil meariah penghargaan  BUMN Branding and Marketing Award (BBMA) 2024. Ini menunjukkan perusahaan-perusahaan tersebut berhasil melakukan upaya konkret perusahaan BUMN dalam mengoptimalkan potensi branding dan marketing perusahaan. 


Perusahaan-perusahaan tersebut diantaranya PT Bank BTN sebagai The Best Brand Strategy Excellence, PT Pupuk Indonesia sebagai The Best Brand Innovation, PT Bukit Asam sebagai The Best Empowering Brands, Building Nations: Optimizing Bumn’s Potential Through Exceptional Talents & Advanced Technological Support serta PT Garuda Indonesia dinobatkan sebagai The Best Global Branding & Marketing.

Baca Juga: Potensi Kolaborasi PLN, BUMN, dan Emiten EBT Memacu Transisi & Swasembada Energi

Pada kategori Anak Perusahaan, Permodalan Nasional Madani (PMN) meraih penghargaan sebagai The Best Brand Strategy Excellence, PT Surveyor Indonesia sebagai The Best Brand Innovation, PT Pertamina Patra Niaga sebagai The Best Empowering Brands, Building Nations: Optimizing Bumn’s Potential Through Exceptional Talents & Advanced Technological Support serta PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin) dinobatkan sebagai The Best Global Branding & Marketing.

Ketua Dewan Juri BUMN Branding and Marketing Award 2024 Daniel Surya menjelaskan, perusahaan BUMN diharapkan dapat memaksimalkan potensi insan-insan terbaiknya, yang tidak hanya memiliki integritas dan kapabilitas tinggi, tetapi juga mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi seperti Artificial Intelligence (AI) dan big data untuk meningkatkan efektivitas branding serta efisiensi operasional.

“Melalui kombinasi insan BUMN unggul dan teknologi terkini, BUMN dapat lebih proaktif dalam membangun citra positif, baik di dalam negeri maupun di pasar internasional, serta menjadi motor penggerak bagi kemajuan ekonomi dan sosial Indonesia,” ungkap Daniel Surya yang juga merupakan Co-Founder & Executive Chairman WIR Group itu dalar keterangan resminya, 

Ia bilang, perhelatan ini diharapkan menjadi platform strategis untuk berbagi inspirasi, ide, dan inovasi, sekaligus mendorong kolaborasi antar perusahaan BUMN dalam upaya mengembangkan strategi branding dan marketing yang berkelanjutan, berdaya saing global, serta berkontribusi terhadap pertumbuhan bangsa.

Sebanyak 82 perusahaan perserta yang terdiri dari BUMN, BUMN Tbk dan Anak Perusahaan BUMN, mengikuti proses penjurian BUMN Branding & Marketing Award 2024. Proses penjurian berlangsung pada 18-31 Oktober 2024.

Baca Juga: Satu Pameran Ratusan Peluang! IFBC ICE BSD Hadir Berikan Solusi Berwirausaha

BTN salah satu yang gencar melakukan branding untuk  memperkuat posisinya sebagai pemimpin dalam pembiayaan perumahan dan layanan keuangan untuk masyarakat luas. Beberapa strategi yang dilakukan BTN untuk membangun branding antara lain fokus pada segmen pembiayaan perumahan dan digitalisasi layanan dan pengembangan aplikasi mobile. 

Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu mengatakan, BTN telah memulai transformasi aplikasi BTN Mobile dengan penguatan sistem dan penambahan fitur, yang diharapkan mampu menjawab kebutuhan nasabah dalam bertransaksi perbankan secara digital. BTN Mobile tercatat memiliki  pengguna sekitar 3 juta nasabah.

“Fokus transformasi kami di sisi digital bertujuan untuk meningkatkan pendanaan murah. Dengan menjadi bank transaksional, BTN akan mampu menciptakan sumber dana murah yang dapat diandalkan secara jangka panjang. Dengan begitu, kami bisa menumbuhkan margin dan memberikan nilai tambah bagi stakeholder dan nasabah,” kata Nixon dalam keterangannya, Rabu (13/11).

Selanjutnya: Utang Luar Negeri Indonesia Naik Jadi US$ 427,8 Miliar pada Kuartal III-2024

Menarik Dibaca: Promo Sushikun, Beli 2 Dapat 4 Sampai 20 November 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dina Hutauruk