UPZ Pupuk Kaltim Dorong Penyaluran Zakat Tepat Sasaran



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pupuk Kaltim melalui unit pengumpul zakat (UPZ) konsisten meningkatkan realisasi penyaluran zakat secara tepat sasaran setiap tahunnya, baik di tingkat lokal maupun nasional. Hal itu sejalan dengan komitmen perusahaan melanjutkan kerja dakwah melalui kolaborasi para mitra penyaluran dan stakeholder.

Ketua UPZ Pupuk Kaltim Achmad Rois mengatakan, UPZ Pupuk Kaltim tetap berupaya profesional dalam pengelolaan dana zakat sesuai ketentuan dan aturan yang berlaku. “Kami  terus memperkuat komitmen menjalankan amanah muzakki dari karyawan Pupuk Kaltim melalui penyaluran zakat sesuai sasaran manfaat bagi umat," ungkap Achmad Rois dalaï keterangannya, Kamis (26/9).

Ia bilang, penyaluran zakat UPZ Pupuk Kaltim juga mengacu pada Peraturan Baznas Nomor 3 Tahun 2018 tentang Pendistribusian Zakat, serta UU Nomor 23 Tahun 2011 tentang Zakat dengan tujuan mendapatkan kemanfaatan dari dana zakat yang dikelola dan dikumpulkan. 


Baca Juga: Bank DKI Hadir pada JakOne Mobile Indonesia Damper Class National Championship

Program yang dijalankan terbagi pada berbagai aspek, baik penyaluran langsung dalam menyikapi kondisi sosial yang terjadi, pemberdayaan dan kesehatan masyarakat, bidang dakwah, hingga dukungan terhadap pengembangan pendidikan dan kapasitas Sumberdaya Manusia.   Proses penyaluran juga zakat didasari sejumlah ketentuan sesuai kategori 8 asnaf penerima zakat, serta dikuatkan oleh survei dan verifikasi tim lapangan untuk memastikan kelayakan calon penerima. 

Kebijakan ini bersifat merata, baik untuk program yang diinisiasi UPZ Pupuk Katim, maupun berdasarkan laporan masyarakat yang masuk. Bahkan sejak awal terbentuk, UPZ Pupuk Kaltim telah menerapkan kebijakan untuk tidak menahan dana zakat sebagai kas, dengan penyaluran secara bertahap dan berkesinambungan.

Baca Juga: Pabrik Kaltim Amonium Nitrat Capai 37% Target Produksi Tahunan

Asas kontribusi zakat di berbagai bidang, UPZ Pupuk Kaltim baru-baru ini berhasil meraih  tiga penghargaan  dari ajang Baznas Award 2024, yakni UPZ BUMN Perencanaan Terbaik, UPZ BUMN Penyaluran Terbaik dan UPZ BUMN Pengumpulan Terbaik. 

Ketua Baznas RI Noor Achmad juga memberikan apresiasi atas kontribusi UPZ Pupuk Kaltim yang terus berkomitmen menyalurkan dana zakat sesuai prinsip 3A, sehingga mampu memberikan dampak signifikan terhadap pengelolaan dan realisasi zakat di lingkungan Perusahaan. 

Sebagai mitra Baznas, UPZ bertujuan untuk memfasilitasi layanan zakat pegawai di Kementerian/Lembaga Negara/BUMN maupun BUMS agar zakat mampu dikelola dengan baik.

"Setiap langkah yang diambil UPZ adalah bagian dari ikhtiar kolektif, untuk menebar kebaikan dan memberikan manfaat bagi masyarakat luas, demi mewujudkan kesejahteraan umat," ujar Noor Achmad.

Selanjutnya: Asing Buang Saham BBRI, Cermati 10 Saham Net Sell Terbesar pada Kamis (26/9)

Menarik Dibaca: AirAsia dan Airbus Kerjasama Inisiatif Keberlanjutan Penerbangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dina Hutauruk