Usai IPO, Wahana Vinyl bidik pasar ekspor



KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  PT Wahana Vinyl Nusantara menyiapkan sejumlah ekspansi usai mencatatkan diri di Bursa Efek Indonesia (BEI). Rencananya, produsen pipa merek Rucika ini bakal menawarkan saham perdana kepada publik alias intial public offering (IPO) sebesar 20% saham yang ditempatkan dan disetor perusahaan pada semester I-2018.

Dari hajatan IPO diperkirakan perusahaan bisa meraih Rp 1,5 triliun. Dana hasil IPO akan digunakan untuk ekspansi.

Wahana Vinyl berencana ekspansi dengan menambah kapasitas produksi. Namun, besaran kapasitas produksi yang akan ditambah masih dihitung. Adapun, saat ini, kapasitas dari perusahaan sebesar 200.000 ton per tahun.


"Kami juga sedang menjajaki pasar ekspor," kata Steven Widjaja, Pesiden Direktur Wahana Vinyl Nusantara, Jumat (9/3).

Ia mengatakan, demi memperluas cakupan usahanya di wilayah Asia, perusahaan ini bakal bekerja sama dengan Jepang dan negara-negara di wilayah Eropa. Steven menargetkan tahun depan perusahaan akan mengekspor produk-produknya ke regional Asia.

Sebagai informasi, saat ini pipa PVC Rucika diklaim menjadi penguasa pasar domestik dengan market share hingga 50%. Tahun ini, Wahana Vinyl Nusantara menargetkan pertumbuhan kinerja sebesar 10%, dan keuntungan sekitar Rp 500 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini