Usia Bukan Halangan bagi Relawan Tertua Euro 2024



KONTAN.CO.ID - LEIPZIG, Jerman. Luka Modric menjadi pencetak gol tertua di turnamen ini dan Cristiano Ronaldo telah bermain di enam Kejuaraan Eropa, tetapi keduanya tidak bisa mendekati relawan tertua di Euro 2024.

Dengan jari busa di tangannya dan senyum di wajahnya, Reiner Spankuch yang berusia 89 tahun membantu mengarahkan penggemar sepak bola dari seluruh Eropa ke tempat duduk mereka di Stadion Leipzig.

"Saya mulai menjadi relawan pada tahun 2006, saat Piala Dunia di Leipzig," kata Spankuch kepada Reuters.


Baca Juga: Nonton Streaming Perancis vs Polandia dan Prediksi di Euro 2024, Catat Linknya

"Saat saya mencapai usia pensiun, saya ingin memiliki pekerjaan, tetap sibuk, bergerak, dan berada di antara orang-orang. Dan itu menjadi seperti sekarang."

Sejak saat itu, Spankuch telah mendapatkan banyak pengalaman, peran yang membawanya sejauh Las Vegas untuk menjadi relawan di turnamen tenis meja, olahraga yang masih ia mainkan sendiri.

"Saya telah bekerja di acara-acara ini hampir setiap tahun sejak 2006, enam hingga tujuh acara setahun. Dan saya masih di RB Leipzig, menjadi relawan dalam manajemen pengunjung, dan saya juga menjadi pendamping untuk perjalanan bus ke pertandingan tandang," katanya.

"Yang paling penting adalah koneksi dengan orang-orang, para suporter. Itulah yang menghidupkan semangat, dan saya memiliki pengalaman yang luar biasa."

Baca Juga: Prediksi Line Up Inggris: Laga Inggris vs Slovenia, Rabu (26/6) Dini Hari

Spankuch, yang akan berusia 90 tahun pada bulan Agustus, percaya bahwa turnamen ini lebih menyenangkan daripada Piala Dunia 2006.

"Suasananya bahkan lebih baik daripada tahun 2006. Apa yang dilakukan Belanda di sini, juga Prancis. Ini benar-benar suasana, meskipun hujan di awal," katanya.

"Suasananya juga hebat di antara penduduk lokal. Anda bisa merasakan itu sebagai relawan. Dan itu akan semakin meningkat seiring dengan semakin baiknya tim Jerman."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto