Vaksinasi tembus 50 juta, upaya penting kurangi laju penyebaran COVID-19



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat, hingga 9 Agustus 2021, cakupan vaksinasi COVID-19 dosis pertama menembus angka 50 juta, persisnya 50.630.315 orang.

Ini berarti, vaksinasi dosis pertama sudah menjangkau 24,31% dari target vaksinasi 208.265.720 orang. Meski begitu, baru 11,63% atau 24.212.024 orang yang sudah menerima dosis kedua.

Capaian vaksinasi COVID-19 hingga saat ini adalah 109,07% tenaga kesehatan sudah mendapatkan dosis pertama dari target dan 100,19% memperoleh dosis kedua. 

Sementara untuk petugas pelayanan publik, dari target 17,3 Juta, yang telah mendapatkan vaksinasi dosis pertama mencapai 152,5% dan yang memperoleh dosis kedua sebesar 80,6%.

Baca Juga: Pemerintah akan jadikan sertifikat vaksin sebagai syarat untuk kegiatan publik

Setidaknya 22,93% kelompok lansia, 10,87% kelompok masyarakat rentan dan umum, serta 8,64% target vaksinasi berupa anak dan remaja (12-17 tahun) yang sudah mendapatkan vaksin COVID-19 dosis pertama.

Pencapaian vaksinasi tersebut berkat usaha optimal dan gotong royong dengan semua pihak, terutama TNI/Polri, pemerintah daerah, BUMN, dan pihak swasta yang turut membantu.

"Kemenkes terus berupaya meningkatkan percepatan vaksinasi," kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes Widyawati dalam keterangan tertulis Senin (9/8). 

Selain membuka vaksinasi massal bekerja sama dengan berbagai elemen masyarakat, Kemenkes juga telah mengeluarkan Surat Edaran yang menginstruksikan seluruh pos pelayanan vaksinasi dan Unit Pelaksana Teknis di bawah Kemenkes untuk melakukan vaksin kepada semua target sasaran, tanpa memandang domisili atau tempat tinggal pada KTP.

Baca Juga: Vaksinasi corona di Jakarta hampir tuntas Dinkes menaikkan target jadi 8,94 juta jiwa

“Vaksinasi menjadi salah satu upaya penting dalam mengurangi laju penyebaran virus sehingga mengurangi lonjakan kasus dan membawa kita keluar dari pandemi,” ujar Widyawati.

Salah satu strategi pemerintah adalah mengupayakan ketersediaan vaksin dan mempercepat program vaksinasi. Sehingga, semakin banyak masyarakat terlindungi.

Pemerintah juga terus mengupayakan ketersediaan vaksin, baik lewat skema multilateral maupun bilateral, demi mencukupi stok yang ada saat ini. Serta, menjaga laju vaksinasi sesuai dengan stok vaksin yang ada.

"Seluruh masyarakat Indonesia diminta untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, karena dengan vaksinasi dan melaksanakan protokol kesehatan yang ketat akan semakin banyak dan semakin cepat masyarakat terlindungi dari COVID-19," sebut Widyawati.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Selanjutnya: Hingga saat ini, 90,8 juta vaksin Covid-19 telah terdistribusi ke daerah di Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: S.S. Kurniawan