KONTAN.CO.ID - Agensi
public relations dan
digital marketing berbasis di Asia Tenggara, Vero meluncurkan InFluent,
influencer marketing tools terbaru yang bisa menjadi rujukan bagi para
brand dan kreator.
Influencer marketing menjadi semakin populer dalam beberapa tahun terakhir di Indonesia. Berbagai
brand berusaha mencari cara untuk terlibat dan berinteraksi dengan pengguna media sosial yang masif. Menurut survei Rakuten Insight, 56% orang Indonesia terpengaruh membeli sesuatu yang
influencer rekomendasikan. Selain itu, survei yang sama juga menemukan 47% orang Indonesia mengikuti lebih dari 10
influencer di media sosial.
Untuk memfasilitasi potensi pasar tersebut, Vero merilis InFluent yang menggunakan pendekatan
influencer marketing yang terintegrasi dan ter-regionalisasi untuk membantu
brand dan perusahaan di Asia Tenggara dalam mencapai tujuan bisnis dan membangun reputasi. InFluent dilengkapi dengan pedoman dan standardisasi yang dirancang untuk bisa beresonansi dengan
brand dan kreator di kawasan ASEAN.
Baca Juga: Apa Itu Influencer? Inilah Jenis, Cara Kerja, dan Contoh Influencer di Medsos InFluent terdiri dari empat komponen terintegrasi. Elemen
pertama adalah KOL LAB, database
influencer regional, contoh kontrak, dan metrik penilaian. Elemen
kedua ialah TrueVibe, alat identifikasi
influencer yang bisa menilai kesesuaian antara
brand dan
influencer melalui enam kategori. Elemen
ketiga adalah Happy Hours, sebuah program yang dirancang untuk membangun hubungan dengan
influencer melalui
bootcamp kreator, sesi
networking, dan program
influencer gifting yang berkelanjutan. Elemen keempat atay terakhir adalah ECHO+, yang dirancang untuk mengukur kesuksesan kampanye, membantu
brand mencapai tujuan kampanye, dan memastikan rencana
media buying selaras dengan konten. Sehingga, bisa menjangkau audiens yang tepat dalam skala yang lebih luas. InFluent diciptakan untuk mengatasi tantangan dalam industri
influencer marketing, seperti penipuan, pengukuran (
measurement), dan peningkatan misinformasi. Selain itu, InFluent menghadirkan proses dan metodologi yang lebih ketat dalam kampanye
influencer serta memastikan keunikan dan kredibilitas konten pada setiap kampanye. InFluent didukung oleh tim Media IQ Vero, yang mengintegrasikan
media planning, buying, data dan analitik, serta kemitraan dengan platform. Baca Juga:
Pengin Makin Produktif? Baca 4 Buku Produktivitas Ini Saja, yuk Tools terbaru ini menjadi salah satu hasil dari pengalaman bertahun-tahun Vero dalam menciptakan dan mengimplementasikan kampanye pemasaran
influencer di seluruh Asia Tenggara. Umaporn Whittaker-Thompson,
Group Vice President of Consumer Communications Vero, mengatakan, InFluent dirancang untuk memberi manfaat bagi kreator dan
brand sehingga memastikan kolaborasi yang sukses dan sehat bagi semua pihak dalam kampanye. "Kami percaya bahwa kita membutuhkan lebih banyak inovasi dalam proses kolaborasi brand dan konten kreator," katanya dalam keterangan tertulis, Jumat (6/4). "Tujuan kami adalah menciptakan simbiosis yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak, yang kemudian akan menghasilkan pengalaman online yang lebih otentik," ujar dia.
Vero akan meluncurkan
tools InFluent di seluruh kawasan ASEAN sebelum akhir kuartal pertama tahun 2023. "Di Vero, kreator adalah partner kami yang berharga, kami ingin InFluent menciptakan hubungan yang berarti antara
brand dan kreator di kawasan ini," ungkap Claudia Pusung,
Senior Digital Account Executive Vero. "InFluent akan membuahkan hasil dan kerja sama yang lebih baik untuk
brand dan kreator di Asia Tenggara," imbuhnya
. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Jane Aprilyani