Virus corona merebak, Indonesia masih belum tutup jalur pelayaran dari dan ke China



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah Indonesia belum menutup jalur pelayaran dari dan menuju China.

Sebelumnya pemerintah memutuskan untuk menutup sementara jalur penerbangan langsung dari dan ke China mulai Rabu (5/2) mendatang. Sedangkan pelayaran hanya akan dilakukan pengawasan yang ketat.

"Di pelabuhan kita sudah mulai mengawasi apakah ada hal yang terkait dengan corona atau tidak jadi sifatnya masih alert," ujar Staf Khusus Menteri Perhubungan Bidang Ekonomi dan Investasi Transportasi Wihana Kirana usai menghadiri acara seminar, Senin (3/2).


Baca Juga: Indonesia Tutup Akses Dari dan Menuju China

Jalur pelayaran lebih banyak digunakan untuk transportasi logistik. Sehingga dinilai tidak memiliki risiko langsung terkait dengan penyebaran virus korona.

Hanya saja untuk produk tertentu akan mendapatkan pengawasan lebih intensif. Salah satu yang diawasi lebih adalah terkait dengan produk konsumsi.

"Misalnya produk daging harus ada izin," terang Wihana.

Selain itu masalah pelayaran akan dievaluasi secara berkala. Wihana juga menambahkan akan ada rapat untuk menentukan solusi bagi sektor pelayaran selama penyebaran virus corona.

Asal tahu saja sebelumnya organisasi kesehatan dunia (WHO) telah menetapkan virus corona sebagai darurat global. Wilayah China merupakan pusat penyebaran virus tersebut.

Baca Juga: Presiden Jokowi perintahkan Menkes berkantor di Natuna

Berdasarkan data Pusat Sistem Sains dan Teknik (CSSE) di Universitas Johns Hopkins yang diakses, Senin (3/2) pukul 10:30 WIB, 17.368 orang positif terjangkit virus corona. Sebanyak 362 orang tewas dan 486 orang berhasil pulih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi