Visa gandeng Nokia Untuk Pembayaran



JAKARTA. Visa dan Nokia mengumumkan rencana untuk bekerjasama. Dalam kerjasama ini, nantinya pengguna ponsel Nokia dapat melakukan pembayaran Visa. Beberapa layanan yang diberikan adalah pembayaran jarak jauh dan transfer uang.

Dalam tahap awal uji coba, layanan ini baru akan dilakukan dengan hanset Nokia seri 6212 Classic yang bakal dirilis Oktober nanti. Tetapi tentu saja, agar aplikasi ini dapat berjalan, kedua pihak tersebut harus menggandeng lagi satu pihak yaitu institusi keuangan.

Head of Global Product Innovation Visa Tim Attinger mengatakan, inovasi ini dapat mempercepat migrasi dari pembayaran menggunakan formulir kertas ke pembayaran menggunakan uang digital. "Sekaligus juga menambah kenyamanan dan keamanan bagi pemegang rekening visa dan pengguna Nokia di seluruh dunia," tuturnya dalam siaran pers beberapa waktu lalu, (25/10).


Nokia 6212 Classic yang akan beredar nanti akan memiliki chipset near field communications (NFC) terintrgrasi yang membuat hanset ini seperti kartu pembayaran. Jadi pengguna Nokia cukup mengayunkan dalam jarak beberapa inci dari mesin sale reader saja. Dan transaksi pun selesai.

Nokia dan Visa mendemonstrasikan teknologi ini pertama kali pada Desember 2005 di Phillips Arena di Atlanta. Kemudian dalan jangka panjang akan diujicoba terhadap pembayaran Visa di Amerika dengan Wells Fargo Bank, di Malaysia dengan Maybank dan Maxis, di Taiwan dengan Chinatrust Commercial Bank dan Chunghwa Telecom dan di London dengan Barclay.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie