Vitamin yang Wajib Dikonsumsi Anak Stunting Agar Meminimalisir Resikonya



MOMSMONEY.ID - Stunting adalah gangguan tumbuh kembang anak di mana tinggi badannya lebih pendek daripada tinggi badan anak seusianya. Kondisi ini dapat terjadi akibat kekurangan gizi kronis untuk waktu yang cukup lama, dikutip dari Healthline.

Dilansir dari laman Litbang Kemkes, pada tahun 2019, prevalensi stuntingdi Indonesia mencapai 27,6 persen. Angka tersebut masih tergolong tinggi karena melebihi ambang batas dari WHO, yaitu sebesar 20 persen.

Untuk menangani anak stunting sebenarnya memerlukan penanganan yang komprehensif. Namun, berikut adalah sejumlah vitamin untuk anak stunting yang dapat orangtua ketahui untuk mengurangi risikonya.

Baca Juga: Konsumsi Bengkoang untuk Mendapatkan 5 Manfaat Ini

1. Zinc

Zinc adalah salah satu nutrisi yang tidak boleh diabaikan untuk anak yang mengalami stunting. Pasalnya, zinc ini tersebar dan dibutuhkan pada semua sel, jaringan, dan organ tubuh. 

Zinc diperlukan untuk pertumbuhan, pembentukan sel, perkembangan sel menjadi jaringan, dan organ tertentu. Selain itu, zinc juga diperlukan untuk pertumbuhan dan  fungsi otak anak.

2. Vitamin D

Vitamin untuk anak stunting selanjutnya adalah vitamin D. Berdasarkan sejumlah penelitian, kekurangan vitamin D dikaitkan dengan stunting.

Selain itu, ibu hamil yang kekurangan vitamin ini juga meningkatkan risiko stunting pada bayinya nanti ketika lahir hingga anak-anak.

Vitamin D berperan dalam membantu tubuh menyerap kalsium yang penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tulang. Vitamin ini memungkinkan anak untuk tumbuh lebih tinggi.

3. Protein

Protein adalah gizi yang dibutuhkan dalam tumbuh kembang anak karena perannya sangat penting. Tidak lupa juga, bahwa protein sangat penting untuk pertumbuhan tulang. 

Manfaat protein di antaranya adalah untuk membentuk sel sehat baru, membantu sel pada organ tubuh menjalankan fungsinya, dan mengatur banyak fungsi. 

Baca Juga: Jangan Berlebihan! Ini 5 Akibat Buruk Kelebihan Vitamin E

4. Vitamin C

Vitamin C dapat mendorong sintesis kolagen yang merupakan protein penting di dalam tubuh. Protein ini disinyalir bisa meningkatkan kesehatan dan kepadatan tulang sehingga membantu anak tumbuh lebih tinggi.

Selain itu, vitamin C juga membantu memperkuat kekebalan tubuh. Sebaliknya, kekurangan vitamin ini dapat memicu terganggunya pertumbuhan anak. 

5. Karbohidrat

Karbohidrat adalah sumber energi utama bagi tubuh. Apabila kekurangan karbohidrat, anak-anak jadi tidak bisa beraktivitas dengan lincah dan riang. Padahal, anak-anak stunting butuh beraktivitas supaya perkembangan tubuhnya semakin baik.

Pastikan anak mendapatkan makanan bergizi seimbang agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi. Anda bisa membuat menu untuk anak stuntingdengan berbagai bahan makanan yang sehat.

Sementara itu, untuk penggunaan suplemen, pastikan Anda memberikannya sesuai anjuran dokter.

Selanjutnya: Selain Bisa Dinikmati Sebagai Camilan, Jambu Mede Juga Memiliki Manfaat untuk Kesehat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian