JAKARTA. PT Visi Media Tbk (VIVA) masih tetap mengandalkan program in house production untuk program news, sport, dan juga lifestyle untuk mendongkrak pendapatan tahun ini. Perseroan sudah menyiapkan tiga strategi untuk lebih memacu kinerja. Pada kuartal I-2013 lalu VIVA mampu mencatatkan pendapatan sebesar Rp 312,2 miliar atau naik 27,5% dari periode yang sama tahun lalu yang hanya Rp 244,8 miliar. Sementara laba bersih sebesar Rp 3,56 miliar atau naik dari periode yang sama tahun lalu yang hanya Rp 193 juta. Sekretaris Perusahaan Visi Media Neil Tobing menyatakan, kinerja yang bagus pada kuartal satu tahun ini karena strategi bisnis perseroan yang dinamakan Tiga Pilar. Pertama, adalah fokus pada program yang berbeda dari media-media lain.
Strategi ini diberi nama mikro targetting. Neil menyampaikan, untuk TVOne dan ANTV fokus pada program news, sport dan lifestyle. "Kami tidak ingin mengikuti televisi lain yang hanya bermain di sinetron," ucap dia ke KONTAN, Jumat (3/5). Neil mengklaim, meski share rating untuk program news di TVOne mencapai 5 sampai 5,5. Namun secara pangsa pasar program news bisa mencapai 7%-8%. Dia bilang, perseroan juga mengemas pemberitaan yang berbeda antara TVOne dengan ANTV agar tidak saling menggerus pasar masing-masing. "Berita di ANTV itu lebih ringan atau hanya ficer," katanya.