Volume Pelanggan Kereta Api Indonesia (KAI) Melonjak 42% di Semester I-2022



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat volume pelanggan KA Jarak Jauh pada semester I-2022 mencapai 119,8 juta pelanggan. Jumlah itu melesat 42% dibanding semester I-2021 yang hanya 84,1 juta pelanggan.

Adapun volume pelanggan pada semester I-2022 didominasi oleh pelanggan KRL di wilayah Jabodetabek, yang jumlahnya mencapai 89,9 juta pelanggan. Kenaikan ini ditunjang oleh meredanya pandemi Covid-19, tingkat vaksinasi yang semakin membaik, dan relaksasi persyaratan perjalanan di awal tahun 2022.

“Kinerja angkutan penumpang KAI grup pada semester I-2022 mengalami recovery yang signifikan. Tren positif ini menunjukkan mulai meningkatnya mobilitas masyarakat serta meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap angkutan kereta api,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Selasa (19/7).


Baca Juga: Industri Penerbangan Makin Terbebani Kenaikan Tarif Airport Tax, Ini Kata Asosiasi

Joni menambahkan, selama periode semester I-2022 pula, KAI kembali menyelenggarakan Angkutan Lebaran, setelah 2 tahun vakum akibat kasus pandemi Covid-19 masih tinggi.

Tercatat, volume pelanggan pada Angkutan Lebaran 2022 mencapai 4,39 juta pelanggan yang diselenggarakan selama 22 hari yakni 22 April s.d 13 Mei 2022.

“Pencapaian luar biasa ini telah mendekati pencapaian Angkutan Lebaran di tahun 2019 sebanyak 6,84 juta pelanggan,” pungkas Joni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari