Volume Transaksi PUAB Tinggal Rp 3,9 Triliun



JAKARTA. Kesulitan likuiditas yang melilit perbankan nasional belum menunjukkan tanda-tanda perbaikan. Lihat saja, sejak September hingga November 2008, volume transaksi yang terjadi di pasar uang antar bank (PUAB) masih berada pada kisaran Rp 3,9 triliun per harinya. Padahal, sejak awal tahun hingga Agustus 2008, rata-rata volume transaksi PUAB sekitar Rp 6,8 triliun per hari.

"Hal ini mendorong peningkatan yang tajam pada suku bunga PUAB, terutama untuk jangka waktu diatas satu minggu," kata Gubernur BI Boediono di Jakarta.

Tingginya bunga PUAB semakin meningkatkan beban operasional yang harus ditanggung oleh bank. Pasalnya, bank pun masih harus menanggung beban bunga simpanan yang tak kalah tingginya untuk menumpuk ketersediaan dana pihak ketiga (DPK). Dengan likuiditas yang terbatas dan harga yang mahal, perbankan mulai menahan ekspansi kredit. Bila sejak awal tahun hingga Oktober yang lalu pertumbuhan kredit bisa mencapai 34%, maka pada November kemarin pertumbuhannya hanya sekitar 30% saja.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Didi Rhoseno Ardi