KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Transaksi Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) perbankan terus mengalami peningkatan signifikan di tengah upaya regulator maupun pelaku industri keuangan mendukung inklusi keuangan di Tanah Air. Meningkatnya jumlah transaksi diawali dengan pertumbuhan merchant yang bisa melayani transaksi QRIS. Di PT Bank Mandiri Tbk misalnya, jumlah merchant-nya sudah mencapai 2,4 juta hingga Maret 2022. Itu meningkat lebih dari 200% dibanding periode yang sama tahun lalu (year on year/YoY). Adapun transaksi melalui QRIS mandiri pada kuartal I ini telah mencapai lebih dari 3 juta transaksi dengan volume hampir mencapai Rp 350 miliar.
"Peningkatan terbanyak di merchant retail dan UMKM. Peningkatan transaksi ini juga dipengaruhi oleh promo transaksi melalui QRIS Livin' by Mandiri yang dijalankan di berbagai merchant," kata Thomas Wahyudi Senior Vice President Transaction Banking Retail Sales Bank Mandiri pada KONTAN, Kamis (31/3). Baca Juga: Transaksi QRIS Bank Mandiri, CIMB Niaga, BRI dan BCA Meningkat Pesat Untuk semakin meningkatkan transaksi, Bank Mandiri melakukan percepatan perluasan akseptasi layanan digital khususnya QRIS dengan melakukan kegiatan akuisisi dan edukasi merchant secara masif di seluruh Indonesia.