Waduk Ciawi diperkirakan selesai 2018



JAKARTA. Kementerian Pekerjaan Umum (PU) memastikan pembangunan Waduk Ciawi di Bogor, Jawa Barat dapat mulai dilakukan pada 2015 dengan catatan pengadaan tanah yang dilakukan Pemerintah Daerah dapat selesai. Konstruksinya direncanakan akan berlangsung selama dua hingga tiga tahun.

"Bisa dibangun pada tahun 2015. Saat ini detail engineering design sedang disempurnakan, dapat selesai pada 2018, namun tergantung pembebasan lahan," ucap Menteri Pekerjaan Umum RI, Djoko Kirmanto, Kamis (23/1).

Menteri PU menyatakan, desain perlu diperbaiki oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (Ditjen SDA) mengingat kondisi lokasi akan dibangunnya waduk saat ini telah berubah dibandingkan kondisi dua dekade lalu. Selain itu, perubahan juga dilakukan dengan penambahan jumlah waduk yang dibangun, bila awalnya hanya Waduk Ciawi, namun Kementerian PU akan menambahkan konstruksi Waduk Sukamahi.


Meskipun berdasarkan kajian Waduk Ciawi hanya akan berkontribusi kecil yaitu 8% terhadap pengurangan banjir di Jakarta, Djoko Kirmanto menjelaskan waduk dengan estimasi dana pembangunan sebesar Rp 1,8 triliun tersebut layak dibangun.

"Ciawi itu kan ada keuntungan yang lain, kecil di banjir dan memberikan manfaat yang lain. Dulu mengurangi banjir delapan persen sekarang kita usahakan lebih besar dari itu. Ada teori-teori yang berkembang agar bisa mengurangi banjir lebih besar," ungkap Djoko. (Adiatmaputra Fajar Pratama)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Hendra Gunawan